Cara Penentuan Arah Kiblat: dengan Bintang & Busur Derajat (Bukan Jarum Kompas)

Tulisan sebelumnya telah dibahas konsekuensi penentuan arah kiblat dengan menggunakan kompas
, karena sudut yang umumnya dipublikasikan untuk daerah masing-masing adalah True North (padahal jarum kompas menunjukkan arah Utara Magnetis/ Magnetic North).
Kali ini kita akan menentukan arah kiblat dengan ”kompas alami”, yaitu rasi bintang. Kemudian bantuan Busur Derajat atau skala derajat yang tertera di Kompas (bukan dengan jarum kompas).


Ada dua rasi yang dapat kita gunakan, yaitu Ursa Mayor dan Crux / Salib Selatan. Misalnya kita ketahui bahwa arah kiblat 300° from true north, maka back azimuth-nya adalah 60°.

URSA MAYOR
Ursa mayor/ beruang besar. ”sabuk”nya bila ditarik garis lurus akan menunjukkan arah utara. Setelah arah utara ketemu, hitung dengan busur derajat 60° ke arah barat.
screenshot-ursa-mayor.jpg

CRUX
Crux atau salib selatan, bila ditarik garis lurus akan menunjukkan arah selatan. Setelah ketemu, ukur dengan busur derajat ke barat sejauh 120°.
screenshot-crux.jpg
Bermacam cara menentukan arah kiblat dengan obyek langit, tetapi bagi penulis, cara paling akurat adalah dengan matahari (Baca penentuan kiblat dengan skema), atau gabungan matahari dan bintang. Tidak perlu membawa alat, hanya mencetak skema lalu disimpan didompet :)

Genghis Khun







You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.
One Response
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>