Agama

Idul Adha – Berakhirnya Era Kurban Persembahan Manusia dengan Manusia? (Dialog Islam Kristen)

Berawal dari ungkapan/ Idiom yang diklaim sebagai ucapan dari Cak Nun/ Mbah Nun (Emha Ainun Najib), terjadilah diskusi aktif antara saya dengan seorang non muslim; teman kuliah, teman nge-band dan teman menciptakan lagu :) , sebut saja MU.

Diskusi mengalir bak air ini saya bagi menjadi beberapa bagian untuk memudahkan pengambilan kesimpulan di bagian akhir.

Memuat pemahaman kita mengenai Dosa Awal, Kurban persembahan, penebusan dosa, perbudakan, Rasialisme, dll,
Silahkan menikmati sambil minum es Wedhang Jahe.
Jika ada koreksi, saran dan Kritik, dipersilahkan…

Genghis Khun/ Khun = G_Kh (Saya, warna Hitam)
M**** U**** = MU (Warna Merah)










PROLOG;
Ungkapan/ idiom Cak Nun tersebut (Emha Ainun Najib) banyak kita temukan bertebaran di Internet;
“Aku Menyebut Diriku Muslim Saja Tidak Berani…”

Walaupun saya termasuk jamaah maiyah youtubbiyah, tp saya tidak menyukai ungkapan ini.
Selain itu, darah Muda harus berbeda donk.. hehe…

Lalu saya posting di grup Angkatan sebagai berikut;

“Kutipannya nggk bagus dan nggk jelas itu.
Istilah Muslim itu sbnrnya trbentuk kata kerja/ kewajiban dr “orang2 yg berserah diri”.
Sehingga lawan kata muslim adalah orang2 yang tidak berserah diri, sombong dan tidak bersyukur.

Janji setia sahabat-sahabat jesus, mereka menyebut diri mereka MUSLIM:
“Kamilah penolong-penolong (agama) Allah, kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah muslim (orang-orang yang berserah diri)

Kemudian ini memicu sebuah pesan pribadi dari seorang teman non-muslim;
9/1/18, 8:47 PM – MU: Masa sahabat Yesus muslim?

9/1/18, 8:52 PM – G_Kh: Ali imran 52
9/1/18, 8:52 PM – G_Kh:

9/1/18, 9:01 PM – MU: Itu kan menurut al quran khun.
9/1/18, 9:09 PM – MU: Sekali sekali baca Alkitab agar dicocokkan dengan Alquran

9/1/18, 9:13 PM – G_Kh: Siap juragan

9/1/18, 9:14 PM – MU: Saya siap berdiskusi kalau ada yang kurang jelas tentang Kristen.
9/1/18, 9:14 PM – MU: Sahabat Yesus/ Hawariyyin/ 12 Apostles = Muslim?

ISTILAH MUSLIM
9/1/18, 9:18 PM – G_Kh: Sebenarnya istilah muslim itu mengacu pada kata sifat “berserah diri“, kemudian menjadi sebuah identitas.
Makanya bisa membingungkan ketika ada yang mengartikan sebagai identitas tp aku memaknainya kata sifat
9/1/18, 9:20 PM – G_Kh: Jd kl kumaknai sebagai kata sifat; mulai Adam, Nuh, Abraham, Jesus dst yg sdh berserah diri kpd Allah adalah seorang muslim

9/1/18, 9:22 PM – MU: Boleh saja Khun dalam ruang diskusi sesama muslim. Istilah Muslim ada 600 tahun setelah alkitab.
9/1/18, 9:23 PM – MU: Jadi kalau mau bilang Adam dan nabi ‘Israel ‘ muslim ya agak unik yang muncul dalam alquran 600 tahun kemudian.
9/1/18, 9:26 PM – MU: Agak membingungkan karena ada jalur terpisah antara Islam dan Kristen saat kisah Abraham.
9/1/18, 9:28 PM – MU: Ishak dan Ismael
9/1/18, 9:29 PM – MU: Mengapa ada korban sembelihan zaman Abraham yang tidak dijelaskan dalam Alquran
9/1/18, 9:30 PM – MU: Tidak dijelaskan juga asal muasal munculnya dosa dalam Alquran

9/2/18, 9:14 AM – G_Kh: secara kronologis tentu tidak masuk akal..
9/2/18, 9:16 AM – G_Kh: tp istilah yg muncul belakangan utk mendefinisikan suatu hal yg terjadi sebelumnya itu khan wajar, misalnya istilah aliran kepercayaan, animisme, dinamisme untuk mendefinisikan suatu hal diluar agama.
yang TIDAK WAJAR adalah; jika istilah2 itu muncul dr mulut orang miskin, tidak terpandang, tidak bisa membaca, yatim piatu, diasuh kesana kemari dan bercerita lancar tentang kisah2 sebelumnya di daerah yang jauh dari temnpat tinggalnya.
9/2/18, 9:17 AM – G_Kh: kalau saat ini, islam sebagai identitas bagi pengikut Nabi Muhammad. tp sebagai kata sifat ya itu tadi ; “SEMUA orang yang pasrah dan berserah diri”

9/2/18, 9:33 AM – MU:

9/2/18, 9:41 AM – G_Kh: Zaman Abraham di Alquran; menceritakan perlawanan dg Namrudz/ Nimrod. Lalu bersama Sarah migrasi ke jerusalem.
Krn belum punya anak, Ibrahim menikah lagi dg Hajar.
status nikah SAH. setara dg status thd istri pertama.

Sesudah punya anak Ismael. Hajar + Ismael diasingkan ke padang tandus di selatan (Mekkah).
Saat itu Ibrahim bolak balik Jerusalem-Mekkah untuk menengok Hajar dan Sarah.

Kemudian turun perintah untuk menyembelih anak TUNGGALnya (= ismael) di daerah Mekkah.
Kabar lahirnya Ishak dibawa oleh Malaikat yang ‘mampir’ dalam perjalannya menuju kota Sodom Gomorah.

Bisa jadi sesudah lahir Ishaq, muncul lagi perintah untuk menyembelih anak ini (lokasi Jerusalem)
DOSA; Ada Pelaku Dosa Asal ataukah Hanya Konsep?
9/2/18, 9:46 AM – G_Kh: dosa vs pahala adalah sebuah KONSEP. tidak perlu asal muasal.
seperti halnya jika kita punya karyawan, aku lebih setuju sistem gaji reward dan punishment daripada flat yang tidak mendidik.

Jadi manusia diciptakan ada 2 pilihan; kalau berbuat baik akan mendapat pahala.
kalau berbuat buruk menjadi berdosa.
jadi tidak ada konsep ‘gaji flat’ atau penebusan dosa.

Atau jika memang ada konsep penebusan dosa; menurutku tidak bagus dalam proses pendidikan dan belajar mengajar.
9/2/18, 10:00 AM – G_Kh: di Islam Syiah; sholat cuma 3x sehari. itu boleh silahkan. tp untuk proses pendidikan sebaiknya diajarkan 5x sehari

9/2/18, 10:06 AM – MU: Tuhan menciptakan manusia dosa sudah ada?

9/2/18, 10:30 AM – G_Kh: personnya atau Konsepnya?
Konsep dosa vs pahala itu SUDAH ADA sebelum semua diciptakan..
tertuang dalam Lauh Mahfuz, induk dari seluruh kitab suci yg turun ke dunia.
untuk person yg berdosa itu nantinya menyesuaikan perjalanan hidup si person tsb dr lahir sd mati.

9/2/18, 10:33 AM – MU:
9/2/18, 10:34 AM – MU: Sejak kapan dosa ada menurut islam?

9/2/18, 10:45 AM – G_Kh: Ini pertanyaan yg aneh karena dosa vs pahala hanyalah KONSEP
Islam tidak diajari untuk menyelidiki dan menghakimi siapa pelaku dosa terbesar atau pahala terbesar.
termasuk siapa pelaku dosa paling awal atau paling akhir…
Kalaupun ternyata Adam dan Hawa pelaku dosa awal kita pun nggak perduli dan nggk PENTING, karena
kita hanya dituntut untuk bertanggung jawab atas diri sendiri; mengikuti perintah-Nya, agar berpahala
atau jika tidak mengikuti perintah-Nya, berdosa. itu saja.

9/2/18, 10:51 AM – MU: Konsep?
9/2/18, 10:51 AM – MU: Tuhan menciptakan manusia berdosa?

9/2/18, 10:51 AM – G_Kh: betul Juragan
9/2/18, 10:52 AM – G_Kh: semua manusia itu lahir dalm kondisi 0. dalam perjalanannya bisa berpahala dan berdosa.
timbangan penentunya di hari akhir

9/2/18, 10:52 AM – MU: Lha kenapa harus ada korban sembelihan Abraham? Iseng saja atau bagaimana? Konsep juga?

Kisah Penyembelihan zaman Abraham; Ujian bagi Nabi Ibrahim saja ataukah Tanda Berakhirnya Penebusan Dosa Oleh Manusia?
9/2/18, 10:59 AM – G_Kh: Ujian kesabaran bagi nabi2 ada banyak macamnya.
Tidak cuma secuil kasus penyembelihan oleh Abraham.
ada Nuh dg anaknya yg durhaka.
Ada Yunus yg sakit2an.
Abraham pernah dibakar jg dll.

Ada Hajar dan Ismael yg ditinggal sendirian di padang Tandus
Ada Zecharia dan Yohanes yg diintimidasi romawi
Ada Maria yg diasingkan kampungnya krn dituduh zina.
Sebenarnya yg aneh itu; mengapa perjanjian dengan Tuhan itu berupa KHITAN? khusus ini aku blm ketemu jawabannya..

9/2/18, 11:03 AM – MU: Baca Alkitab Khun. Anggap saja baca komik. Tidak perlu jadi Kristen.
9/2/18, 11:03 AM – MU: Akan ketemu mengapa harus ada korban sembelihan

9/2/18, 11:03 AM – G_Kh: aku sudah punya versi .txt
9/2/18, 11:04 AM – G_Kh: minta versi pdf kl ada

9/2/18, 11:04 AM – MU: Patofisiologi konsep penebusan dosa. Semua nyambung dari Perjanjian Lama sampai perjanjian Baru
9/2/18, 11:04 AM – MU: Goggle play bisa di instal

9/2/18, 11:04 AM – G_Kh: boleh pak dijelasin :)
9/2/18, 11:06 AM – G_Kh: kalau ada konsep penebusan dosa, batas penebusannya tahun berapa?

9/2/18, 11:07 AM – MU: Sebelum Kristus manusia dihakimi menurut hukum taurat
9/2/18, 11:07 AM – MU: Baca kitab Kejadian – Keluaran
9/2/18, 11:07 AM – MU: Sebaiknya Khun baca dulu biar enak

9/2/18, 11:08 AM – G_Kh: dijelasin ringkas sj boleh juragan
9/2/18, 11:08 AM – G_Kh: kalau kristus hidup antara tahun 1 sd 50 Masehi (misal), batas penebusan dosa tahun berapa?
9/2/18, 11:10 AM – G_Kh: misal international Date Line itu bujur 180 derajat disepakati, walaupun ada 1 negara yg keluar dr kesepakatan ini.

9/2/18, 11:21 AM – MU: Yohanes 3:16-18 (TB)
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

https://alkitab.app/v/c74f47cca14b

9/2/18, 11:24 AM – MU: Nasib manusia sebelum Islam datang bagaimana?
9/2/18, 11:26 AM – MU: Apakah ada jaminan keselamatan dalam Islam?
9/2/18, 11:26 AM – MU: Kalau tidak ada apa bedanya Islam dengan yang lain selain Kristen?

9/2/18, 11:42 AM – G_Kh: Ada ribuan Rasul yg membawa petunjuk ke kaumnya dg konsep pahala vs dosa.
Inti ajarannya sama; manusia bertanggung jawab utk diri sendiri; berpahala atau dosa.
tp nama rasul yg disebutkan dalam Islam hanya segelintir.
Jadi nasib manusia sebelum Islam; ada yg berpahala dan ada yg berdosa.
Jaminan Keselamatan dalam Islam = mengikuti semua perintah Allah dan menjauhi larangan Allah.
9/2/18, 11:43 AM – G_Kh: Jaminan keselamatan ADA; dengan cara berbuat baik, mengikuti semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya
9/2/18, 11:44 AM – G_Kh: dijamin TIDAK termasuk pendosa

9/2/18, 11:44 AM – MU: Apakah ada manusia tidak berdosa?

9/2/18, 11:55 AM – G_Kh: Islam wajib menjawab; TIDAK TAHU, Allah yang Maha Tahu. Kalau bagi dokter jika sdh ada uji klinisnya boileh disimpulkan

9/2/18, 11:57 AM – MU: Berarti semua orang berdosa?
9/2/18, 11:58 AM – MU: Adakah dasar Alquran yang bisa menjelaskan atau “konsep karangan”

9/2/18, 12:03 PM – G_Kh: manusia lahir itu 0 dulu; bersih suci. tidak berdosa. dalam perjalananya bisa berdosa. bisa juga TAK berdosa. tp yg bisa menilai perjalanan ini bukan kita khan..
9/2/18, 12:03 PM – G_Kh: ini kurang paham pertanyaannya, tolong diperjelas
9/2/18, 12:05 PM – G_Kh: Prinsipnya Islam itu hanya anjuran utk taati perintah dan jauhi larangan.
Masalah ada orang berdosa atau tak berdosa itu bukan urusan kita. aku pun juga nggk peduli.

9/2/18, 12:06 PM – MU: Ada dasar untuk menyatakan tidak tahu atau kesimpulan sendiri karena tidak ada tertulis
9/2/18, 12:07 PM – MU: Apakah sama dengan Yahudi?

9/2/18, 12:11 PM – G_Kh: Banyak dasarnya, misal kasus ini; Al Baqarah 34
“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat:
“Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”

Mereka berkata:
“Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?”

Tuhan berfirman:
“Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.””

9/2/18, 12:12 PM – MU: Konteksnya apa Khun?

9/2/18, 12:13 PM – G_Kh: Hujurat 12
” Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan
orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain.”

9/2/18, 12:14 PM – G_Kh: Maksudnya jika tidak ada data/ EBM-nya, harus di jawab; Tidak Tahu dan Allah yang lebih tahu. Istilahnya “wallahu a’lam”
9/2/18, 12:15 PM – G_Kh: Ajaran Yahudi mungkin sama, makanya ada tuduhan ajarannya Muhammad itu nyontek Yahudi.

9/2/18, 12:16 PM – MU: Harus dijawab tidak tahu berarti tidak ada kepastian dan keyakinan

9/2/18, 12:16 PM – G_Kh: yg ini batasnya tahun berapa pak? (kalau kristus hidup antara tahun 1 sd 50 Masehi (misal), batas penebusan dosa tahun berapa?.red)

9/2/18, 12:16 PM – MU: Bukan tuduhan tetp sama. (Ajaran Islam = Yahudi.red).

9/2/18, 12:17 PM – G_Kh: wow baru tahu nih
9/2/18, 12:18 PM – G_Kh: Lha kalau tidak ada EBM trus ngejawabnya gimana?

9/2/18, 12:18 PM – MU: Yesaya 9:6 (TB) (9-5)
Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

https://alkitab.app/v/f9488c9e338e


9/2/18, 12:19 PM – MU: Perjanjian lama sebelum Kristus lahir
9/2/18, 12:19 PM – MU: Lukas 2:11 (TB)
Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

https://alkitab.app/v/e74997002ac5

9/2/18, 12:20 PM – MU: Sebelum Yesus lahir

9/2/18, 12:20 PM – MU: Artinya (Islam dengan Yahudi.red) mengambil ajaran yang sama, nabi sama, ibadah mirip

9/2/18, 12:22 PM – MU: Keluaran 20:2-17 (TB)
“Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.

Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
tetp Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.

Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.

Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
tetp hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.

Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Jangan membunuh.
Jangan berzinah.
Jangan mencuri.
Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.”

https://alkitab.app/v/ca0c2c51d0c9


9/2/18, 12:22 PM – MU: Menjadikan taurat sebagai hakim yang menentukan dosa atau tidak
9/2/18, 12:23 PM – MU: Yah.. Seperti biasa non Kristen selalu bilang Alkitab dipalsukan.
9/2/18, 12:23 PM – MU: Sampai saat ini yang asli tidak pernah ditunjukkan
9/2/18, 12:25 PM – MU: Alquran sebenarnya memakai alur mana? Seluruh nabi (dari keturunan.red) Israel
9/2/18, 12:25 PM – MU: Muhammad dari Arab
9/2/18, 12:25 PM – MU: Mohon pencerahan

9/2/18, 12:25 PM – G_Kh: Muhammad itu terkenal karena punya tanda lahir di BAHU. aneh ya

9/2/18, 12:26 PM – MU: Ada dasarnya
9/2/18, 12:26 PM – MU: ???

9/2/18, 12:30 PM – G_Kh: Lot, Syuaib, Hud itu Nabi bukan (keturunan.red) Israel

9/2/18, 12:31 PM – MU: Lot?
9/2/18, 12:32 PM – G_Kh: silsilah Nabi

9/2/18, 12:32 PM – G_Kh: lot = Luth

9/2/18, 12:32 PM – MU: Ada dasar di Alquran?

9/2/18, 12:32 PM – G_Kh: moga (Foto Silsilah.red) kelihatan. silsilah Muhammad itu dari Ismael yg diasingkan ke padang tandus
9/2/18, 12:37 PM – G_Kh: ini batasnya tahun berapa pak? (kalau kristus hidup antara tahun 1 sd 50 Masehi (misal), batas penebusan dosa tahun berapa?.red)

9/2/18, 12:39 PM – MU: Pertanyaan yang mudah Khun. Dasarnya sudah saya tulis dalam Yohanes 3:16
9/2/18, 12:41 PM – MU: Dasarnya adalah percaya bahwa Yesus Kristus Tuhan.
9/2/18, 12:42 PM – MU: Bisa dilihat siapa yang percaya Yesus Tuhan sejak Lukas 2: 11 ada
9/2/18, 12:42 PM – MU: Yang tidak percaya Yesus Tuhan dihakimi menurut hukum Taurat
9/2/18, 12:42 PM – MU: Jadi bukan masalah tahun Khun
9/2/18, 12:43 PM – MU: Kesimpulan : siapa yang tidak percaya pada penebusan Kristus akan dihakimi menurut hukum taurat
9/2/18, 12:44 PM – MU: Sederhana saja tinggal pilih.
9/2/18, 12:45 PM – MU: Bila memilih untuk selamat menurut hukum Taurat cukup menjadi manusia tidak berdosa alias sempurna.

9/2/18, 12:51 PM – G_Kh: oh baru ngerti ..
9/2/18, 12:52 PM – G_Kh: kalau ajaran taurat = islam berarti sdh no problem ya..
9/2/18, 12:54 PM – G_Kh: berarti perbedaannya adalah;
Islam menghormati Jesus sebagaimana Nabi pada umumnya, tetp bukan sebagai Anak Tuhan, Tuhan atau si penebus dosa. ini yg perlu dikaji lebih lanjut

9/2/18, 1:06 PM – MU: Jangan lupa akhir zaman Khun


9/2/18, 1:11 PM – G_Kh: akhir zaman versi Islam; Jesus akan turun ke dunia. dan semua orang Islam wajib mengikuti Jesus
9/2/18, 1:27 PM – G_Kh: Bagaimana pandangan kristen ttg perbudakan atau rasial?

PERBUDAKAN dan RASIAL dalam ISLAM dan KRISTEN
9/2/18, 2:01 PM – MU: Yohanes 8:30-36 (TB)
Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepada-Nya. Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya:

“Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

Jawab mereka:
“Kami adalah keturunan Abraham dan tidak pernah menjadi hamba siapa pun. Bagaimana Engkau dapat berkata: Kamu akan merdeka?”

Kata Yesus kepada mereka:
“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa.
Dan hamba tidak tetap tinggal dalam rumah, tetp anak tetap tinggal dalam rumah.
Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.”

https://alkitab.app/v/2e9ae140d86d

9/2/18, 2:07 PM – MU: Matius 5:43-46 (TB) Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
Tetp Aku berkata kepadamu:
Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?

https://alkitab.app/v/75ae34ff344

9/2/18, 2:08 PM – MU: Dalam Kristen tidak ada perbudakan dan rasialis

9/2/18, 2:43 PM – G_Kh: maksudnya semua manusia itu setara dan sama ya.
9/2/18, 2:44 PM – G_Kh: boleh diceritakan kisah ismael dalam Al Kitab?

9/2/18, 2:52 PM – MU: Kejadian 5:1-32 (TB)
Inilah daftar keturunan Adam. Pada waktu manusia itu diciptakan oleh Allah, dibuat-Nyalah dia menurut rupa Allah;
laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
Ia memberkati mereka dan memberikan nama “Manusia” kepada mereka, pada waktu mereka diciptakan.

Setelah Adam hidup seratus tiga puluh tahun, ia memperanakkan seorang laki-laki menurut rupa dan gambarnya, lalu memberi nama Set kepadanya.
Umur Adam, setelah memperanakkan Set, delapan ratus tahun, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
Jadi Adam mencapai umur sembilan ratus tiga puluh tahun, lalu ia mati.

Setelah Set hidup seratus lima tahun, ia memperanakkan Enos.
Dan Set masih hidup delapan ratus tujuh tahun, setelah ia memperanakkan Enos, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
Jadi Set mencapai umur sembilan ratus dua belas tahun, lalu ia mati.

Setelah Enos hidup sembilan puluh tahun, ia memperanakkan Kenan.
Dan Enos masih hidup delapan ratus lima belas tahun, setelah ia memperanakkan Kenan, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.

Jadi Enos mencapai umur sembilan ratus lima tahun, lalu ia mati.
Setelah Kenan hidup tujuh puluh tahun, ia memperanakkan Mahalaleel.
Dan Kenan masih hidup delapan ratus empat puluh tahun, setelah ia memperanakkan Mahalaleel, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.

Jadi Kenan mencapai umur sembilan ratus sepuluh tahun, lalu ia mati.
Setelah Mahalaleel hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakkan Yared.
Dan Mahalaleel masih hidup delapan ratus tiga puluh tahun, setelah ia memperanakkan Yared, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
Jadi Mahalaleel mencapai umur delapan ratus sembilan puluh lima tahun, lalu ia mati.

Setelah Yared hidup seratus enam puluh dua tahun, ia memperanakkan Henokh.
Dan Yared masih hidup delapan ratus tahun, setelah ia memperanakkan Henokh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
Jadi Yared mencapai umur sembilan ratus enam puluh dua tahun, lalu ia mati.

Setelah Henokh hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakkan Metusalah.
Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.

Jadi Henokh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun.
Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.

Setelah Metusalah hidup seratus delapan puluh tujuh tahun, ia memperanakkan Lamekh.
Dan Metusalah masih hidup tujuh ratus delapan puluh dua tahun, setelah ia memperanakkan Lamekh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.

Jadi Metusalah mencapai umur sembilan ratus enam puluh sembilan tahun, lalu ia mati.
Setelah Lamekh hidup seratus delapan puluh dua tahun, ia memperanakkan seorang anak laki-laki,
dan memberi nama Nuh kepadanya, katanya:

“Anak ini akan memberi kepada kita penghiburan dalam pekerjaan kita yang penuh susah payah di tanah yang telah terkutuk oleh TUHAN.”

Dan Lamekh masih hidup lima ratus sembilan puluh lima tahun, setelah ia memperanakkan Nuh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
Jadi Lamekh mencapai umur tujuh ratus tujuh puluh tujuh tahun, lalu ia mati.

Setelah Nuh berumur lima ratus tahun, ia memperanakkan Sem, Ham dan Yafet.

https://alkitab.app/v/3e58564eb7c4

9/2/18, 2:52 PM – MU: Ini baru dari Adan sampai Nuh
9/2/18, 2:53 PM – MU: Tidak sesederhana grafik yang akun buat (Foto silsilah)

9/2/18, 2:53 PM – G_Kh: Abraham ke jalur ismael sj

9/2/18, 2:54 PM – MU: Kejadian 16:1-16 (TB) Adapun Sarai, isteri Abram itu, tidak beranak.
Ia mempunyai seorang hamba perempuan, orang Mesir, Hagar namanya.

Berkatalah Sarai kepada Abram:
“Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak.”

Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai.
Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, — yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan —, lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya.

Abram menghampiri Hagar, lalu mengandunglah perempuan itu. Ketika Hagar tahu, bahwa ia mengandung, maka ia memandang rendah akan nyonyanya itu.
Lalu berkatalah Sarai kepada Abram:
“Penghinaan yang kuderita ini adalah tanggung jawabmu; akulah yang memberikan hambaku ke pangkuanmu, tetp baru saja ia tahu, bahwa ia mengandung, ia memandang rendah akan aku; TUHAN kiranya yang menjadi Hakim antara aku dan engkau.”

Kata Abram kepada Sarai:
“Hambamu itu di bawah kekuasaanmu; perbuatlah kepadanya apa yang kaupandang baik.”

Lalu Sarai menindas Hagar, sehingga ia lari meninggalkannya.
Lalu Malaikat TUHAN menjumpainya dekat suatu mata air di padang gurun, yakni dekat mata air di jalan ke Syur.
Katanya:
“Hagar, hamba Sarai, dari manakah datangmu dan ke manakah pergimu?”

Jawabnya:
“Aku lari meninggalkan Sarai, nyonyaku.”

Lalu kata Malaikat TUHAN itu kepadanya:
“Kembalilah kepada nyonyamu, biarkanlah engkau ditindas di bawah kekuasaannya.”

Lagi kata Malaikat TUHAN itu kepadanya:
“Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung karena banyaknya.”

Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya:
“Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu.
Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.”

Kemudian Hagar menamakan TUHAN yang telah berfirman kepadanya itu dengan sebutan:
“Engkaulah El-Roi.”
Sebab katanya:
“Bukankah di sini kulihat Dia yang telah melihat aku?”

Sebab itu sumur tadi disebutkan orang: sumur Lahai-Roi; letaknya antara Kadesh dan Bered.

Lalu Hagar melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismael.
Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.

https://alkitab.app/v/c194d300b68e


9/2/18, 2:54 PM – MU: Kejadian 17:1-27 (TB)
Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya:
“Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela.
Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau, dan Aku akan membuat engkau sangat banyak.”

Lalu sujudlah Abram, dan Allah berfirman kepadanya:

“Dari pihak-Ku, inilah perjanjian-Ku dengan engkau: Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja.

Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.
Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka.”

Lagi firman Allah kepada Abraham:
“Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.

Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.

Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetp tidak termasuk keturunanmu.

Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.

Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki yang tidak dikerat kulit khatannya, maka orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya: ia telah mengingkari perjanjian-Ku.

Selanjutnya Allah berfirman kepada Abraham:
“Tentang isterimu Sarai, janganlah engkau menyebut dia lagi Sarai, tetp Sara, itulah namanya.
Aku akan memberkatinya, dan dari padanya juga Aku akan memberikan kepadamu seorang anak laki-laki, bahkan Aku akan memberkatinya, sehingga ia menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari padanya.”

Lalu tertunduklah Abraham dan tertawa serta berkata dalam hatinya:
“Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak dan mungkinkah Sara, yang telah berumur sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak?”
Dan Abraham berkata kepada Allah:

“Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!”

Tetp Allah berfirman:
“Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.

Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.
Tetp perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga.

Setelah selesai berfirman kepada Abraham, naiklah Allah meninggalkan Abraham.
Setelah itu Abraham memanggil Ismael, anaknya, dan semua orang yang lahir di rumahnya, juga semua orang yang dibelinya dengan uang, yakni setiap laki-laki dari isi rumahnya, lalu ia mengerat kulit khatan mereka pada hari itu juga, seperti yang telah difirmankan Allah kepadanya.
Abraham berumur sembilan puluh sembilan tahun ketika dikerat kulit khatannya.
Dan Ismael, anaknya, berumur tiga belas tahun ketika dikerat kulit khatannya.

Pada hari itu juga Abraham dan Ismael, anaknya, disunat.
Dan semua orang dari isi rumah Abraham, baik yang lahir di rumahnya, maupun yang dibeli dengan uang dari orang asing, disunat bersama-sama dengan dia.

https://alkitab.app/v/506d82e8d2cf

9/2/18, 2:57 PM – MU: Kejadian 21:1-21 (TB) TUHAN memperhatikan Sara, seperti yang difirmankan-Nya, dan TUHAN melakukan kepada Sara seperti yang dijanjikan-Nya.
Maka mengandunglah Sara, lalu ia melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abraham dalam masa tuanya, pada waktu yang telah ditetapkan, sesuai dengan firman Allah kepadanya.

Abraham menamai anaknya yang baru lahir itu Ishak, yang dilahirkan Sara baginya.
Kemudian Abraham menyunat Ishak, anaknya itu, ketika berumur delapan hari, seperti yang diperintahkan Allah kepadanya.
Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya.

Berkatalah Sara:
“Allah telah membuat aku tertawa; setiap orang yang mendengarnya akan tertawa karena aku.”

Lagi katanya:
“Siapakah tadinya yang dapat mengatakan kepada Abraham: Sara menyusui anak? Namun aku telah melahirkan seorang anak laki-laki baginya pada masa tuanya.

Bertambah besarlah anak itu dan ia disapih, lalu Abraham mengadakan perjamuan besar pada hari Ishak disapih itu.
Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri.

Berkatalah Sara kepada Abraham:
“Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.”

Hal ini sangat menyebalkan Abraham oleh karena anaknya itu.
Tetp Allah berfirman kepada Abraham:
“Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.
Tetp keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena ia pun anakmu.”

Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi.

Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba.
Ketika air yang dikirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak,
dan ia duduk agak jauh, kira-kira sepemanah jauhnya, sebab katanya:
“Tidak tahan aku melihat anak itu mati.” Sedang ia duduk di situ, menangislah ia dengan suara nyaring.

Allah mendengar suara anak itu, lalu Malaikat Allah berseru dari langit kepada Hagar, kata-Nya kepadanya:
“Apakah yang engkau susahkan, Hagar? Janganlah takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia terbaring.
Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar.”

Lalu Allah membuka mata Hagar, sehingga ia melihat sebuah sumur; ia pergi mengisi kirbatnya dengan air, kemudian diberinya anak itu minum.
Allah menyertai anak itu, sehingga ia bertambah besar; ia menetap di padang gurun dan menjadi seorang pemanah.

Maka tinggallah ia di padang gurun Paran, dan ibunya mengambil seorang isteri baginya dari tanah Mesir.

https://alkitab.app/v/3d9085e9c6dd


9/2/18, 2:58 PM – MU: Kejadian 22:1-19 (TB) Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham.
Ia berfirman kepadanya:
“Abraham,” lalu sahutnya: “Ya, Tuhan.”

Firman-Nya:
“Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.”

Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.
Ketika pada hari ketiga Abraham melayangkan pandangnya, kelihatanlah kepadanya tempat itu dari jauh.

Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu:
“Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu.


Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.

Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya:
“Bapa.”

Sahut Abraham:
“Ya, anakku.”

Bertanyalah ia:
“Di sini sudah ada api dan kayu, tetp di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?”

Sahut Abraham: “Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku.”
Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.

Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.

Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya.
Tetp berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya:
“Abraham, Abraham.”

Sahutnya:
“Ya, Tuhan.”

Lalu Ia berfirman:
“Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku.”

Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya.

Dan Abraham menamai tempat itu:
“TUHAN menyediakan”; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang:
“Di atas gunung TUHAN, akan disediakan.”

Untuk kedua kalinya berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepada Abraham,
kata-Nya:
“Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri — demikianlah firman TUHAN —: Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,
maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.
Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku.”

Kemudian kembalilah Abraham kepada kedua bujangnya, dan mereka bersama-sama berangkat ke Bersyeba; dan Abraham tinggal di Bersyeba.

https://alkitab.app/v/9b63089d6375


9/2/18, 2:58 PM – MU: Di Alquran tidak disebutkan bahwa Ismael yang akan dikorbankan
9/2/18, 2:58 PM – MU: Apa benar begitu?

9/2/18, 3:07 PM – G_Kh: kisahnya keren

9/2/18, 3:09 PM – MU: Baca Alkitab untuk bekal kalau Akun mau khotbah tentang nabi. Jelas dan tercatat jelas sebagai data primer.
9/2/18, 3:10 PM – MU: Saya tidak temukan bahwa Ismael yang akan dikorbankan dalam Alquran
9/2/18, 3:10 PM – MU: Saya juga tidak temukan nama Siti Hawa
9/2/18, 3:12 PM – MU: Kadang ketawa geli dengar khotbah ceramah ustadz agama tentang nabi. Entah dari mana sumber ceritanya.

9/2/18, 3:12 PM – G_Kh: Itu cerita sudah benar, tp ada yg meragukan karena bahan asli Al Kitab sudah tidak ada.
Ada keyword;
Hagar- budak
status Ishmael anak Abraham
khitan- khatan

Pemahaman kristen saat ini (penebusan dosa) bagaimana terhadap 3 hal di atas?

9/2/18, 3:12 PM – MU: Dahulu umat Israel mempersembahkan kurban untuk penebusan dosa.
9/2/18, 3:13 PM – MU: Tidak heran kalau umat Islam tidak mengerti kisah Abraham.

9/2/18, 3:13 PM – G_Kh: status 3 hal ini;
Hagar- budak
status Ishmael anak Abraham
khitan- khatan
9/2/18, 3:15 PM – G_Kh: menurut Kristen Hagar masih Budak atau istri sah? status Ismael adalah anak Kandung yg setara dg Ishak? khitan masih tetap dilakukan?
9/2/18, 3:56 PM – G_Kh: berarti era Abraham itu menandai berakhirnya era penebusan dosa/ PERSEMBAHAN/ tumbal dengan manusia ya? keren…

9/2/18, 3:57 PM – MU: Sebaiknya dibaca saja Khun terutama kitab Kejadian dan Keluaran
9/2/18, 3:58 PM – MU: Hagar tetap budak
9/2/18, 4:00 PM – MU: Saya tidak mengerti pembelokan fakta sejarah yang dibantah 600 tahun kemudian tanpa fakta yang jelas. Bahkan di Alquran sendiri tidak jelas disebut bahwa Ismael akan dikorbankan.

9/2/18, 4:02 PM – G_Kh: dalam Islam semua Setara. termasuk budak jika sudah menikah dg tuannya. berarti disini ada yg tidak sinkron ya di kristen yg katanya ‘tidak ada perbudakan
9/2/18, 4:08 PM – G_Kh: ulasan M****(MU.red) membuka pemahaman baru aku nih ; Jika era Abraham itu menandai berakhirnya era penebusan dosa/ PERSEMBAHAN/ tumbal dengan manusia,
Maka pasti ada kisah PELANGGARAN sesudahnya, sehingga Idul Adha muncul untuk memperingati bahwa tumbal manusia itu dilarang.

kalau pemahaman ini dipakai maka person ishak atau ismael tidak lagi penting karena esensinya bukan itu.

9/2/18, 4:12 PM – G_Kh: Masalah Anak Tunggal; ini juga tidak sinkron;
“Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak,”

Anak tunggal Abraham adalah Ismael. bukan Ishak.
berarti perintah ini muncul sebelum Ishak lahir
9/2/18, 4:18 PM – G_Kh: Kalau di Al Quran, bisa dilihat di Surat Ashshafaat
100 Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.
101 Maka Kami beri dia khabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar.
102 Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersamasama Ibrahim, Ibrahim berkata:
“Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!”

Ia menjawab:
“Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.”

103 Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ).
104 Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim,
105 sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu. sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.
106 Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.
107 Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar

download kompilasi buatanku di sini https://goo.gl/s4ymoy

9/2/18, 4:25 PM – MU: Dibaca dulu saja Khun jadi jelas. Ismael anak seorang budak. Baca juga perbedaan berkat Tuhan yang diberikan kepada Ismael dan Ishak.
9/2/18, 4:26 PM – MU: Ayat ini sudah saya baca. Tidak ada kata Ismael di sana.

9/2/18, 4:28 PM – G_Kh: mungkin disini jg ada beda pemahaman. Dalam Islam; Hagar dan sara SETARA. tidak ada yg unggul satu sama lain. ya no problem.

9/2/18, 4:29 PM – MU: Ya jelas tidak sama dan setara. Hagar adalah budak Abraham dan Sara adalah istri Abraham.
9/2/18, 4:30 PM – MU: Hagar dan Ismael diusir
9/2/18, 4:30 PM – MU: Ishak lahir.
9/2/18, 4:30 PM – MU: Kemudian ada peristiwa pengorbanan

9/2/18, 4:32 PM – G_Kh: ok no problem ada perbedaan. kalau aku sendiri menganggap keduanya sama. di Islam juga SAMA, termasuk ketentuan perhitungan hukum Warisnya.

9/2/18, 4:32 PM – MU: Hukum waris tidak sama. Baca di kejadian 21

9/2/18, 4:33 PM – G_Kh: maksudku di Islam akan SAMA statusnya.
9/2/18, 4:33 PM – G_Kh: kesimpulanku bener nggk? Usai pengorbanan oleh Abraham, pasti ada kisah PELANGGARAN sesudahnya, sehingga Idul Adha muncul untuk memperingati bahwa tumbal manusia itu dilarang.

9/2/18, 4:33 PM – MU: up to you. Paling tidak membuka pemahaman apa yang terjadi
9/2/18, 4:34 PM – MU: Tumbal manusia?
9/2/18, 4:34 PM – MU: Pemahaman Akun mungkin belum pas
9/2/18, 4:36 PM – MU: Konsep dosa harus jelas dulu
9/2/18, 4:36 PM – MU: Ada kurban hewan untuk pengampunan dosa
9/2/18, 4:38 PM – MU: Dosa dibawa oleh Adam dan Hawa. Baca di kitab Kejadian. Manusia berdosa dan kehilangan kemuliaan Allah.
9/2/18, 4:39 PM – MU: Diperlukan penebusan sekali untuk selamanya di dalam Kristus. Allah yang menjadi manusia tidak berdosa.
9/2/18, 4:39 PM – MU: Yoh. 3:16

9/2/18, 4:40 PM – G_Kh: lho kalau pemahaman pak M**** (MU.red) ttg penebusan dosa Abraham dan Ishaq itu maknanya apa?
9/2/18, 4:41 PM – G_Kh: tolong dicerahkan

9/2/18, 4:42 PM – MU: Itu tradisi Israel Khun. Cukup banyak yang harus disampaikan. Paling tidak kamu baca dulu kitab Kejadian dan Keluaran jadi diskusinya enak.
9/2/18, 4:42 PM – MU: Seperti saya baca Alquran

9/2/18, 4:43 PM – G_Kh: mohon yg runtut pak.. israel itu jauh sesudah Ishak

9/2/18, 4:43 PM – MU: Saya tahu bahwa tidak ada kronologi dalam Alquran

9/2/18, 4:43 PM – G_Kh: ada apa sblum Abraham sehingga ada peristiwa penebusan dosa?

9/2/18, 4:44 PM – MU: Baca di kisah kain dan Habel pak

9/2/18, 4:44 PM – G_Kh: nanti saya bantu meruntutkan
9/2/18, 4:45 PM – G_Kh: btw Mardi punya koleksi Komik Kartun Peradaban karya Larry Gonick?

9/2/18, 4:45 PM – MU: Ini dasarnya apa Khun?
9/2/18, 4:46 PM – MU: Larry Gonick lahir tahun berapa? Referensi tulisan?
9/2/18, 4:46 PM – MU: jelas tidak ada dong…

9/2/18, 4:48 PM – G_Kh: Islam itu selain Al Quran ada dasar Hadits; segala ucapan, perbuatan Nabi. Jadi kalau di Al Quran tidak ketemu; referensinya turun ke Hadits. Hadits yg recommended adalah Sahih Bukhari dan Shahih Muslim.

9/2/18, 4:48 PM – MU: Nabi lahir tahun berapa?

9/2/18, 4:48 PM – G_Kh: bedanya dg Al Quran yg asli firman; Hadits itu karya tulis, hasil ingatan yg ditulis.
9/2/18, 4:48 PM – G_Kh: 570 M
9/2/18, 4:49 PM – G_Kh: (Komik Larry Gonick. red) nggk punya ya? itu cuma kartun lucu

9/2/18, 5:04 PM – MU: Kadang lucu saja Khun kalau ada naskah dikoreksi setelah ribuan tahun (zaman Abraham) oleh orang yang lahir tahun 570 an dan dinyatakan sebagai kebenaran tanpa fakta yang otentik, saksi sejarah.

9/2/18, 5:13 PM – G_Kh: rasanya mustahil dan seperti omongan orang mimpi ya
9/2/18, 5:18 PM – G_Kh: Kelompok Kecil ini ini hampir dibantai oleh kaumnya yg menganggap dirinya nggk waras.
hingga akhirnya ditolong dan dilindungi oleh pendeta Negus (Kisah Hijrah pertama).
9/2/18, 5:18 PM – G_Kh: ini tolong di jelaskan hubungan antara kain, Habel, penebusan dosa oleh Abraham, dan tradisi Israel pak

9/2/18, 5:31 PM – MU: Dibaca saja dulu Khun
9/2/18, 5:32 PM – MU: Dijelaskanpun sia sia
9/2/18, 5:38 PM – MU: Sambil ngopi baca kitab Kejadian cuma sebentar
9/2/18, 5:38 PM – MU: Semua dimulai dari dosa
9/2/18, 5:39 PM – MU: Sejak kapan manusia berdosa?
9/2/18, 5:39 PM – MU: Islam tidak bisa menjawab

9/2/18, 5:57 PM – G_Kh: penjelasan secara sederhana nggk bisa ya pak?
9/2/18, 6:04 PM – G_Kh: dalam Islam; inti perjanjian dg Tuhan itu Khitan, shalat, puasa. kalau esensi kurban baru kuperoleh dr kamu; pelarangan penebusan dosa oleh manusia diganti dg hewan.
9/2/18, 7:01 PM – G_Kh: https://id.wikipedia.org/wiki/Dosa_asal aku baru paham nih

9/2/18, 7:23 PM – MU:
9/2/18, 7:25 PM – MU: Kejadian 3:1-24 (TB) Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah.
Ular itu berkata kepada perempuan itu:
“Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?”

Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu:
“Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan,
tetp tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.”

Tetp ular itu berkata kepada perempuan itu:
“Sekali-kali kamu tidak akan mati,
tetp Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.”

Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya.
Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.

Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman.
Tetp TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya:
“Di manakah engkau?”

Ia menjawab:
“Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.”

Firman-Nya:
“Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?”

Manusia itu menjawab:
“Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan.”

Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu:
“Apakah yang telah kauperbuat ini?”

Jawab perempuan itu:
“Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan.”

Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu:
“Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.
Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.”

Firman-Nya kepada perempuan itu:
“Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu.”

Lalu firman-Nya kepada manusia itu:
“Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:
semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;
dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.”

Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup.
Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka.
Berfirmanlah TUHAN Allah:
“Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.
Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

https://alkitab.app/v/1123adfa998a

9/2/18, 7:26 PM – MU: Manusia jatuh ke dalam dosa
9/2/18, 7:27 PM – MU: Dosa asal adalah sifat kedagingan bukan perbuatan. Kecenderungan untuk berbuat dosa.

9/2/18, 7:29 PM – G_Kh: trus sejak itu ada penebusan dosa?
9/2/18, 7:35 PM – G_Kh: dimulai dr Kain dan Habil, dst

9/2/18, 7:47 PM – MU: Roma 3:21-31 (TB) Tetp sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab para nabi,
yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.

Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,
dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
Maksud-Nya ialah untuk menunjukkan keadilan-Nya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.

Jika demikian, apakah dasarnya untuk bermegah? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman!
Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.

Atau adakah Allah hanya Allah orang Yahudi saja? Bukankah Ia juga adalah Allah bangsa-bangsa lain? Ya, benar. Ia juga adalah Allah bangsa-bangsa lain!
Artinya, kalau ada satu Allah, yang akan membenarkan baik orang-orang bersunat karena iman, maupun orang-orang tak bersunat juga karena iman.
Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya.

https://alkitab.app/v/16126b420a5b

9/2/18, 8:49 PM – G_Kh: Mempelajari Kristen ternyata menarik ya…
ada sosok Paulus dg ide barunya yang menyelisihi hukum taurat.
Mungkin gara2 ide Paulus inilah Islam muncul, agar perjanjian dg Tuhan ‘kembali ke semula’; yaitu khitan, penebusan dosa dg hewan
CMIIW..

9/2/18, 9:06 PM – MU: Hahaha… Paulus sebelumnya bernama Saulus , seorang penganiaya pengikut Kristus.
9/2/18, 9:06 PM – MU: Kisah Para Rasul 9:1-18 (TB) Sementara itu berkobar-kobar hati Saulus untuk mengancam dan membunuh murid-murid Tuhan. Ia menghadap Imam Besar,
dan meminta surat kuasa dari padanya untuk dibawa kepada majelis-majelis Yahudi di Damsyik, supaya, jika ia menemukan laki-laki atau perempuan yang mengikuti Jalan Tuhan, ia menangkap mereka dan membawa mereka ke Yerusalem.

Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia.
Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya:
“Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?”

Jawab Saulus:
“Siapakah Engkau, Tuhan?”

Kata-Nya:
“Akulah Yesus yang kauaniaya itu.

Tetp bangunlah dan pergilah ke dalam kota, di sana akan dikatakan kepadamu, apa yang harus kauperbuat.”
Maka termangu-mangulah teman-temannya seperjalanan, karena mereka memang mendengar suara itu, tetp tidak melihat seorang juga pun.

Saulus bangun dan berdiri, lalu membuka matanya, tetp ia tidak dapat melihat apa-apa; mereka harus menuntun dia masuk ke Damsyik.
Tiga hari lamanya ia tidak dapat melihat dan tiga hari lamanya ia tidak makan dan minum.

Di Damsyik ada seorang murid Tuhan bernama Ananias. Firman Tuhan kepadanya dalam suatu penglihatan:
“Ananias!”

Jawabnya:
“Ini aku, Tuhan!”

Firman Tuhan:
“Mari, pergilah ke jalan yang bernama Jalan Lurus, dan carilah di rumah Yudas seorang dari Tarsus yang bernama Saulus. Ia sekarang berdoa,
dan dalam suatu penglihatan ia melihat, bahwa seorang yang bernama Ananias masuk ke dalam dan menumpangkan tangannya ke atasnya, supaya ia dapat melihat lagi.”

Jawab Ananias:
“Tuhan, dari banyak orang telah kudengar tentang orang itu, betapa banyaknya kejahatan yang dilakukannya terhadap orang-orang kudus-Mu di Yerusalem.
Dan ia datang ke mari dengan kuasa penuh dari imam-imam kepala untuk menangkap semua orang yang memanggil nama-Mu.”

Tetp firman Tuhan kepadanya:
“Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel.

Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku.”
Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu. Ia menumpangkan tangannya ke atas Saulus, katanya: “Saulus, saudaraku, Tuhan Yesus, yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus.”
Dan seketika itu juga seolah-olah selaput gugur dari matanya, sehingga ia dapat melihat lagi. Ia bangun lalu dibaptis.

9/2/18, 9:06 PM – MU: Sola fide
Sola gracia
Sola scriptura

9/2/18, 9:17 PM – G_Kh: kl di Islam, sosok Paulus ini tidak disebut, yg disebut adalah pengikut 2 jesus (12 apostles) yg akan tetap menegakkan agama Allah. artinya 12 apostle ini di pandangan islam tetap melakukan khitan, dan pengorbanan dg hewan

9/2/18, 9:55 PM – MU: Disebut 12 apostles?

9/2/18, 10:43 PM – G_Kh: 12 apostles = Hawariyyun

9/2/18, 11:16 PM – MU: Cucokologi namanya Khun..
9/2/18, 11:18 PM – MU: Ada ayat dan dasar alquran?

9/3/18, 7:34 AM – G_Kh: Ali imran 52 menurut analisa M**** (MU.red) mengacu ke siapa?
9/3/18, 7:34 AM – G_Kh:

9/3/18, 8:39 AM – MU: Khun percaya injil?
9/3/18, 8:39 AM – MU: Dari mana rujukan hawariyyun = 12 apostles

9/3/18, 9:36 AM – G_Kh: Saat ini bagiku injil setara dg rujukan hadits dan atsar.
Artinya di bawah Al Quran.
9/3/18, 9:37 AM – G_Kh: Cucoklogi pak.
Ibrahim = abraham
Kalau isa = jesus
Hawariyyun = 12 apostles
9/3/18, 9:39 AM – G_Kh: Menurut pandangan kristen; Muhammad itu mndpt firman Allah, mimpi, atau bisikan Iblis?
Dan bagaimana cara mmbedakannya?

9/3/18, 11:45 AM – MU: Saya no comment Khun.
9/3/18, 11:46 AM – MU:

9/3/18, 11:47 AM – G_Kh: Ini nanti berhub jg dg pengalaman Paulus yg cuma 3 hr tp sanggup mengubah isi perjanjian dg Tuhan.

9/3/18, 11:49 AM – MU: Tentang Paulus monggo dibaca di Kisah Para Rasul. Jadi paham apa yang terjadi. Ada kronologi, saksi sejarah.
9/3/18, 11:49 AM – MU: Paulus cuma 3 hari? Dasarnya apa?

9/3/18, 11:52 AM – G_Kh: Dlm prjalanam ke Damsyik ini
9/3/18, 11:54 AM – G_Kh: Kisah para Rasul kl di Islam masuk kategori Atsar
Tidak bisa langsung diterima informasinya

9/3/18, 12:39 PM – MU: Ya elah.

9/3/18, 1:09 PM – G_Kh: Titik paling menentukan itu bagmn cara membedakan firman, mimpi atau bisikan iblis?

9/3/18, 2:36 PM – MU: Dilihat saja buahnya.

9/3/18, 2:38 PM – G_Kh: Ya elah
9/3/18, 2:40 PM – G_Kh: Buah2nya pada konflik

9/3/18, 4:46 PM – MU: Interpretasinya kurang sesuai fakta. Mengubah isi perjanjian dengan Tuhan? Kurang paham maksudnya. Mohon pencerahan..

9/3/18, 6:02 PM – G_Kh: Perjanjian dg tuhan itu khitan dan kurban hewan. Setuju?

9/3/18, 6:47 PM – MU: Perjanjian baru tidak lagi membawa hal lahiriah kun.
9/3/18, 6:48 PM – MU: Jangan lupa ada perjanjian baru. Sudah ada di atas dibahas.
9/3/18, 6:56 PM – MU: Baca di kitab Roma 2

9/3/18, 6:58 PM – G_Kh: Iya sy sangat paham pak.
Bermula dr “cahaya” yg diterima Paulus lalu disetujui dlm konsili jerusalem khan?

9/3/18, 7:01 PM – MU: Sudah baca atau belum. Baca Alkitab tidak boleh asal comot ayat. Ada perikop dan kronologi. Lha kamu ambil dari wikipedia dan sumber yang tidak valid. Iqra pak.. Baca dulu baru kita diskusi.
9/3/18, 7:02 PM – MU: Oh ya lupa belum dijawab. Menurut Islam sejak kapan dosa ada

9/3/18, 8:15 PM – G_Kh: Islam tidak ada konsep dosa awal pak.
Masing2 diri menanggung perbuatan diri sendiri.
Tidak bisa menebus ataupun ditebus

9/3/18, 8:17 PM – G_Kh: Sy sdh baca pak dan blm paham
Perjanjian baru itu firman Tuhan atau bukan?

9/3/18, 8:27 PM – MU: Dalam Islam apakah Adam berdosa?
9/3/18, 8:28 PM – MU: 2 Timotius 3:16 (TB) Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
9/3/18, 8:28 PM – MU: Alquran firman Tuhan atau bukan?/font>
9/3/18, 8:28 PM – MU: Yang menulis siapa?
9/3/18, 8:29 PM – MU: Kapan disahkan jadi kitab suci?

9/3/18, 8:53 PM – G_Kh: Dosa orang lain tidak diketahui pak, termasuk Adam dll
krn sdh disebutkan sblmnya bhw orang islam tidak mengenal konsep dosa awal pak.
Masing2 diri menanggung perbuatan diri sendiri.
Tidak bisa menebus ataupun ditebus

9/3/18, 8:54 PM – MU: Intinya tidak punya konsep dong

9/3/18, 8:54 PM – G_Kh: Setuju sekali isinya.
tp bgmn cara utk mmbedakan bahwa itu adalah firman atau bisikan iblis?

9/3/18, 8:55 PM – MU: Lihat dari buahnya pak.
9/3/18, 8:55 PM – MU: Firman Tuhan membawa damai sejahtera

9/3/18, 8:55 PM – G_Kh: Ini bukan konsep?
Masing2 diri menanggung perbuatan diri sendiri.
Tidak bisa menebus ataupun ditebus

9/3/18, 8:55 PM – MU: Bisikan iblis membawa kesesatan
9/3/18, 8:56 PM – MU: Asal mula munculnya dosa tidak ada?

9/3/18, 8:57 PM – G_Kh: Nah itu…
Abraham dan cicitnya melaksanakan perjanjian dg Tuhan tiba2 ada bisikan yg menyesatkan bukan?

9/3/18, 8:57 PM – MU: Dimana yang menyesatkan pak?
9/3/18, 8:58 PM – MU: Apakah hanya sekerat daging dan kurban lalu diselamatkan?
9/3/18, 8:58 PM – MU: Terlalu lahiriah pak
9/3/18, 8:58 PM – MU: Itulah sebabnya ada perjanjian baru
9/3/18, 8:59 PM – MU: Apakah dalam islam setelah sunat dan berkorban ada jaminan masuk surga?

9/3/18, 8:59 PM – G_Kh: Mirip konsepnya al hallaj dan syeh siti jenar yg menolak lahiriah. Prnah dengar pak?
9/3/18, 8:59 PM – G_Kh: Ya jelas ada (jaminan masuk surga.red)

9/3/18, 9:00 PM – MU: Ngaranglah Kun… Ntar dimarahin ustadz. Ada jaminan keselamatan dalam Islam
9/3/18, 9:00 PM – MU: Ilmu baru..
9/3/18, 9:01 PM – MU: Masuk surga bukannya ada timbangan
9/3/18, 9:01 PM – MU: Dosa vs pahala
9/3/18, 9:01 PM – MU: Plin plan dong
9/3/18, 9:02 PM – MU: Perjanjian Baru dari Matius – Wahyu
9/3/18, 9:02 PM – MU: Bukan hanya surat Paulus
9/3/18, 9:02 PM – MU:

9/3/18, 9:02 PM – G_Kh: Al quran itu dipercaya sebagai firman, “ditaruh di mulut” Nabi Muhammad
Mulai tahun 622 sd 632.
Dituliskan oleh pengikut2nya lalu dibukukan jadi satu mjd Al Quran.
Sedangkan hadith dan atshar saat itu blm dibukukan

9/3/18, 9:03 PM – MU: Ditulis manusia? Woww
9/3/18, 9:03 PM – MU: Tidak boleh dong diklaim otomatis firman Tuhan
9/3/18, 9:04 PM – MU: Seperti yang selama ini disampaikan

9/3/18, 9:05 PM – G_Kh: Maaf kl Pnjelasan kurang jelas. Ini konsepnya;
Jaminan keselamatan dalam Islam jika menaati perintahnya dan menjauhi larangan-Nya.

9/3/18, 9:05 PM – MU: Berarti ada manusia yang tidak berdosa?

9/3/18, 9:06 PM – G_Kh: Makanya ada film islam KtP.
KTP islam tp kl sering minum, judi. Maksiat ya tidak selamat
9/3/18, 9:07 PM – G_Kh: Pertanyaannya kurang jelas

9/3/18, 9:07 PM – MU: Semua agama juga mengajarkan kebaikan. Apa yang membuat Islam lebih baik?

9/3/18, 9:07 PM – G_Kh: Ini berlaku utk alkitab jg kah?

9/3/18, 9:08 PM – MU: Tadikan sudah saya tuliskan 2 Tim 3:16

9/3/18, 9:08 PM – G_Kh: Ini berlaku utk al quran jg donk …

9/3/18, 9:09 PM – MU: Jelas beda. Di Alquran jelas tidak ada 2 Tim.3:16
9/3/18, 9:10 PM – MU: Alkitab jelas mengatakan tulisan yang diilhamkan.
9/3/18, 9:11 PM – MU: Penulisnya pun jelas.
9/3/18, 9:11 PM – MU: Alquran penulisnya siapa?

9/3/18, 10:11 PM – G_Kh: Kalimat ini sdh benar dan saya setuju pak. Maksudnya bgmn sy kurang paham?
Al quran jg ada. Misal di annisa 163;
“Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.”
-

Yg saya tanyakan td; utk menilai firman Tuhan atau bukan itu khan dr “buah”nya.

Lha kalau buahnya konflik terus smp sekarang, berarti bukan dr firman Tuhan donk?

Islam menilai firman bukan dr buahnya (bbrp tahun kemudian), tp langsung SAAT itu; dr track record si person sj (Muhammad)

Diskusi asyik ya pak.. sy mulai interest dg konsep2 Perjanjian Baru

9/3/18, 10:14 PM – G_Kh: Jd semisal muncul Lia Eden, atau Ahmad mosadeh yg mengaku mndpt ilham sebagai Mahdi, tidak perlu menunggu BUAHnya di tahun2 memdatang.
tp dinilai dr track record dan kalau perlu di ajak diskusi

9/4/18, 5:47 AM – MU: Nabi adalah orang istimewa yang “diurapi” Tuhan. Hidupnya khusus hanya untuk menyampaikan isi hati Tuhan bagi manusia.
9/4/18, 5:48 AM – MU: Tidak ikut dalam urusan “manusia” apalagi kekuasaan.
9/4/18, 5:49 AM – MU: Tuhan itu kudus. Baca tentang Musa menghadap Tuhan.
9/4/18, 5:51 AM – MU: Keluaran 3:5-7 (TB) Lalu Ia berfirman: “Janganlah datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus.”
Lagi Ia berfirman: “Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.” Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.
Dan TUHAN berfirman: “Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka.

https://alkitab.app/v/5d0dc93b081a

9/4/18, 7:09 AM – G_Kh: Betul itu pak.
9/4/18, 7:18 AM – G_Kh: Di islam semua urusan itu diatur sejak bangun smp tidur lagi
Trmasuk sosialisasi, jual beli, warisan, hukum jika diperangi dan kelompok yg tidak boleh diperangi dll.. ini trcantum di hadits.
Di Alquran cuma sekilas2
Dlm hal ini Muhammad diidentikkan dg Musa. Walaupun tidak sekuasa Joseph, David, Solomon.
tp semua nama tsb diatas adalah nabi bagi muslim. Baik berkuasa atau yg sakit2an seperti junus.
Ini konsepnya pak.

Btw Kl di kristen daud dan solomon masuk nabi nggk pak?

9/4/18, 7:18 AM – G_Kh: Betul ini. Nggk beda sama versi Islam
9/4/18, 8:03 AM – G_Kh: Di islam ada penekanan lg selain kudus yaitu;
- Tuhan itu cuma ada 1
- Tidak boleh disamakan dg makhluk dan sifat2 makhluknya.
- tidak makan minum
-tidak berkembang biak

9/4/18, 8:05 AM – G_Kh: Konsep tanpa dosa awal ini akhirnya muncul konsekuensi2 misal; bayi baru lahir lalu matu itu berdosa nggk?
Versi islam krn tidak ada dosa awal, tidak ada penanggungan dosa dan tidak ada penebusan dosa oleh pihak lain
Maka bayi mati ini suci TAK berdosa.
9/4/18, 8:11 AM – G_Kh: Kl masih bingung atau inkonsisten silahkan ditanyakan pak…
9/4/18, 8:14 AM – G_Kh: Kl sy masih bingung dg konsep perbudakan, rasial dan “buah” tsb
Di kristen bolehkah mmperbudak orang walauoun nanti bs dibebaskan?

9/4/18, 8:15 AM – G_Kh: Di kristen bgmn kedudukan bangsa kulit hitam?
9/4/18, 8:16 AM – G_Kh: Bagaimana kedudukan kwturunan ishaq dan ismael zaman ini? Lebih utama (chosrn people) atau setara
9/4/18, 8:16 AM – G_Kh: #chosen
9/4/18, 8:17 AM – G_Kh: Lia Eden atau Ahmad Musadeh yg mengaku mndapat ilham/firman, status nya menunggu BUAH sampai kapan?

9/4/18, 12:21 PM – MU: Maksudnya dilahirkan dalam sifat kedagingan

9/4/18, 12:22 PM – MU: Ada referensi yang mendukung?
9/4/18, 12:23 PM – MU: Bagaimana cerita nabi dalam Islam? Apakah harus membaca Alkitab untuk tahu riwayat nabi?

9/4/18, 12:24 PM – G_Kh: Kurang paham maksud prtanyaannya

9/4/18, 12:24 PM – MU: Tidak ada perbudakan secara fisik. Yang ada perbudakan dosa.

9/4/18, 12:25 PM – G_Kh: Boleh beri contohnya pak

9/4/18, 12:25 PM – MU: Bayi tidak berdosa adakah referensi?
9/4/18, 12:26 PM – MU: Wah banyak Khun
9/4/18, 12:26 PM – MU: Di Alkitab banyak disebutkan.
9/4/18, 12:26 PM – MU: Dibaca saja

9/4/18, 12:26 PM – G_Kh: Contoh zaman ini pak
9/4/18, 12:28 PM – G_Kh: Pak kalo referensi (dalam Islam.red) itu pasti ada. Masak ngarang
Yg kita diskusikan itu khan perihal konsep dan pemahaman kita;
Sesuai konsep atau malah membingungkan
9/4/18, 12:30 PM – G_Kh: tidak. Konsep nabi dlm islam ada sendiri krn tujuannya utk mengoreksi kisah sblmnya.
Dan trnyt memang ada hal2 yg brbeda.
Mau diberi contoh?

9/4/18, 12:38 PM – MU: Koreksi?

9/4/18, 12:43 PM – G_Kh: Itu trmasuk misinya..
9/4/18, 12:44 PM – G_Kh: Lha M**** (MU.red) pernah baca Al Quran. Kisah2 nabinya sama nggk?

9/4/18, 12:44 PM – MU: Yesus tidak disalibkan diganti orang lain?
9/4/18, 12:46 PM – MU: Kisah nabi sama atau tidak bagaimana ya Khun? Kronologi, saksi sejarah timeline tidak ada. Bagaimana menilai apalagi mengoreksi

9/4/18, 12:47 PM – G_Kh: Betul. Ini akan konsisten dg teori
- tidak ada dosa awal
- tidal ada penebusan oleh manusia
- tidak ada orang yg menanggung dosa orang lain.

Kisah Ishaq/ Ismael diganti domba itu khan jelas
Silahkan kl masih blm jelas

9/4/18, 12:47 PM – MU: Coba deh sesekali baca Alkitab. Ada alur yang jelas, perikop, saksi dan maksud.

9/4/18, 12:48 PM – G_Kh: Alkitab versi mana yg bagus?
9/4/18, 12:48 PM – G_Kh: Tentang buah, rasial, status israel mohon dijawab pak…
9/4/18, 12:48 PM – G_Kh: Ini
9/4/18, 12:49 PM – G_Kh: Ini

9/4/18, 12:49 PM – MU: Pohon yang baik menghasilkan buah yang baik.

9/4/18, 12:49 PM – G_Kh: Ini
9/4/18, 12:50 PM – G_Kh: Ini
9/4/18, 12:50 PM – G_Kh: Ini

9/4/18, 12:50 PM – MU: Di dalam Kristus tidak ada lagi perbudakan pak.
9/4/18, 12:51 PM – MU: Matius 28:18-20 (TB) Yesus mendekati mereka dan berkata:
“Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

https://alkitab.app/v/005bd214d99e

9/4/18, 12:51 PM – MU: Semua bangsa..

9/4/18, 12:54 PM – G_Kh: Lha knp masih memandang Hagar itu budak?
9/4/18, 12:55 PM – G_Kh: budak itu free jika dibebaskan atau dinikahi.
Makanya ada kisah Nyi Ontosoroh di novelnya Pramoedya

9/4/18, 12:57 PM – MU: Baca dong hidupnya kapan?

9/4/18, 1:01 PM – G_Kh: Gini aja deh. Kl ada budak dinikahi oleh tuannya.
Dia masih budak atau bebas?

9/4/18, 1:04 PM – G_Kh: You deleted this message
9/4/18, 1:06 PM – G_Kh: Lia Eden/ ahmad mosadeh ditunggu smpai kapan?
9/4/18, 1:07 PM – G_Kh: https://www.google.co.id/amp/s/komunitaseden.com/2015/07/19/the-vow-of-the-queen-lia-eden/amp/

9/4/18, 1:15 PM – MU: Baca saja di kitab Kejadian pak. Yang jelas Hagar diusir.
9/4/18, 1:16 PM – MU: Kejadian 16:1-16 (TB) Adapun Sarai, isteri Abram itu, tidak beranak. Ia mempunyai seorang hamba perempuan, orang Mesir, Hagar namanya.
Berkatalah Sarai kepada Abram:
“Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak.”

Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai.
Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, — yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan —, lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya.
Abram menghampiri Hagar, lalu mengandunglah perempuan itu. Ketika Hagar tahu, bahwa ia mengandung, maka ia memandang rendah akan nyonyanya itu.

Lalu berkatalah Sarai kepada Abram:
“Penghinaan yang kuderita ini adalah tanggung jawabmu; akulah yang memberikan hambaku ke pangkuanmu, tetp baru saja ia tahu, bahwa ia mengandung, ia memandang rendah akan aku; TUHAN kiranya yang menjadi Hakim antara aku dan engkau.”

Kata Abram kepada Sarai:
“Hambamu itu di bawah kekuasaanmu; perbuatlah kepadanya apa yang kaupandang baik.”

Lalu Sarai menindas Hagar, sehingga ia lari meninggalkannya.
Lalu Malaikat TUHAN menjumpainya dekat suatu mata air di padang gurun, yakni dekat mata air di jalan ke Syur.

Katanya:
“Hagar, hamba Sarai, dari manakah datangmu dan ke manakah pergimu?” Jawabnya: “Aku lari meninggalkan Sarai, nyonyaku.


Lalu kata Malaikat TUHAN itu kepadanya:
“Kembalilah kepada nyonyamu, biarkanlah engkau ditindas di bawah kekuasaannya.”

Lagi kata Malaikat TUHAN itu kepadanya:
“Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung karena banyaknya.”

Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya:
“Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu.
Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.”

Kemudian Hagar menamakan TUHAN yang telah berfirman kepadanya itu dengan sebutan:
“Engkaulah El-Roi.” Sebab katanya: “Bukankah di sini kulihat Dia yang telah melihat aku?”

Sebab itu sumur tadi disebutkan orang: sumur Lahai-Roi; letaknya antara Kadesh dan Bered.
Lalu Hagar melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismael.

Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.

https://alkitab.app/v/a94be4085397


9/4/18, 1:16 PM – MU: Kejadian 16:11-12 (TB) Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya:
“Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu.
Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.”

https://alkitab.app/v/9f81119bc79c

9/4/18, 1:17 PM – MU: Tingkah laku Ismael seperti kuda liar..
9/4/18, 1:18 PM – MU: Kejadian 21:1-21 (TB) TUHAN memperhatikan Sara, seperti yang difirmankan-Nya, dan TUHAN melakukan kepada Sara seperti yang dijanjikan-Nya.
Maka mengandunglah Sara, lalu ia melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abraham dalam masa tuanya, pada waktu yang telah ditetapkan, sesuai dengan firman Allah kepadanya.

Abraham menamai anaknya yang baru lahir itu Ishak, yang dilahirkan Sara baginya.
Kemudian Abraham menyunat Ishak, anaknya itu, ketika berumur delapan hari, seperti yang diperintahkan Allah kepadanya.
Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya.

Berkatalah Sara:
“Allah telah membuat aku tertawa; setiap orang yang mendengarnya akan tertawa karena aku.”

Lagi katanya:
“Siapakah tadinya yang dapat mengatakan kepada Abraham: Sara menyusui anak? Namun aku telah melahirkan seorang anak laki-laki baginya pada masa tuanya.”

Bertambah besarlah anak itu dan ia disapih, lalu Abraham mengadakan perjamuan besar pada hari Ishak disapih itu.
Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri.

Berkatalah Sara kepada Abraham:
“Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.”

Hal ini sangat menyebalkan Abraham oleh karena anaknya itu.
Tetp Allah berfirman kepada Abraham:
“Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak. Tetp keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena ia pun anakmu.”

Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba.

Ketika air yang dikirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak,
dan ia duduk agak jauh, kira-kira sepemanah jauhnya, sebab katanya:
“Tidak tahan aku melihat anak itu mati.”

Sedang ia duduk di situ, menangislah ia dengan suara nyaring.
Allah mendengar suara anak itu, lalu Malaikat Allah berseru dari langit kepada Hagar, kata-Nya kepadanya:
“Apakah yang engkau susahkan, Hagar? Janganlah takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia terbaring.
Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar.”

Lalu Allah membuka mata Hagar, sehingga ia melihat sebuah sumur; ia pergi mengisi kirbatnya dengan air, kemudian diberinya anak itu minum.

Allah menyertai anak itu, sehingga ia bertambah besar; ia menetap di padang gurun dan menjadi seorang pemanah.

Maka tinggallah ia di padang gurun Paran, dan ibunya mengambil seorang isteri baginya dari tanah Mesir.

https://alkitab.app/v/6e04e9445a7d


9/4/18, 1:25 PM – G_Kh: “Istri muda diusir dan tingkah laku anaknya kyk kuda liar” tidak menunjukkan bhw mereka masih budak
Anak Ismael dinubuatkan mjd raja2 lho

9/4/18, 1:25 PM – MU: Betul

9/4/18, 1:26 PM – G_Kh: Ya sdh gpp. Persepsi beda no problem.

9/4/18, 1:26 PM – MU: Baca saja Khun di kitab Kejadian. Jelas. Di Alquran tidak ada

9/4/18, 1:27 PM – G_Kh: Versi Kristen. Raja keturunan dari ismael ini siapa pak?

9/4/18, 1:27 PM – MU: Maaf Khun belum baca

9/4/18, 1:28 PM – G_Kh: Status anak2 ishaq skrg ini kedudukannya lebih unggul atau setara?

9/4/18, 1:29 PM – MU: Bandingkan saja dengan bangsa Israel

9/4/18, 1:34 PM – G_Kh: Rasial donk ?

9/4/18, 1:36 PM – MU: Jangan lupa Khun Israel = Yahudi
9/4/18, 1:36 PM – MU: Perjanjian Lama

9/4/18, 1:38 PM – G_Kh: Sy tahu pak. Di islam tidak ada konsep chosen people.

9/4/18, 2:04 PM – MU: Selamat mencari Khun. Sukses selalu

9/4/18, 2:07 PM – G_Kh: Ijin kuposting di blog ya pak. Pk inisial MU..

PENUTUP
Sebelum Kisah Abraham, manusia sering melakukan ritual korban/ tumbal/ persembahan manusia oleh manusia.
Motifnya bermacam-macam; umumnya agar terhindar dari musibah menimpa kaum tersebut
Kisah persembahan ini disajikan dengan apik dalam bentuk komik/ kartun oleh Larry Gonick.

Jika Kisah Abraham menandai berakhirnya era upacara persembahan manusia oleh manusia, dan cukup diganti hewan saja, maka adanya kisah persembahan manusia sesudah Abraham menjadi suatu hal yang aneh dan kontradiksi.
Mungkin karena sebab inilah dimunculkan muslim dengan misi menolak penebusan dosa, menolak persembahan manusia oleh manusia.
Diwujudkan dalam bentuk peringatan Hari Raya Idul Adha dengan menyembelih hewan-hewan.
Mengikuti jejak Abraham, Ismael dan Ishak

Wallahu a’lam

Baca Lebih Lanjut;

http://genghiskhun.com/download/al-quran-pdf

https://alkitab.app/v/c74f47cca14b

https://www.chabad.org/library/article_cdo/aid/112053/jewish/Hagar.htm

https://en.wikipedia.org/wiki/Ishmael











Berikan Komentar

Berikan Komentar Anda Disini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Most Popular

Ke Atas