" />

Memuliakan Tamu

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah bersabda: Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam, siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya (Riwayat Bukhori dan Muslim)
(Hadits ke-15 Arbain Nawawi)


Kita semua pasti maklum bila kurang begitu memperhatikan hadits ini. Karena bagaimanapun, setiap tamu memang seyogyanya harus dimuliakan. Tetapi hari ini, seperti biasa, dalam rangka perjalanan ‘mencari karunia-Nya” :) , penulis baru menyadari dan merasakan sendiri bagaimana rasanya sebagai seorang “tamu yang tidak dimuliakan”. Akibatnya sulit sekali menghindari ungkapan kekecewaan, kata-kata kotor dan do’a-do’a yang menjurus ke arah (maaf) keburukan. Padahal niat awal hanyalah silaturrahim, berhubung ada waktu luang yang memungkinkan untuk bertamu. Kesempatan yang mungkin tidak datang dua kali.
Bila kita sering mendengung-dengungkan do’a orang-orang tertindas, bagaimana dengan dampak do’a dari tamu yang tidak dimuliakan? Wallahu a’lam.
Akhirnya, tulisan ini tak lebih hanya sebagai nasehat terhadap diri penulis sendiri, bahwa setiap tamu harus dimuliakan.

Genghis Khun







Category: Agama  Tags: ,
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
2 Responses
  1. bayu says:

    looks what’s a pity…
    mumpung doa2mu masih afdol, titip doakan yang baik-baik untuk kami ya… hehehe..
    Keep smile, and sabar….
    =======================
    Genghis Khun:
    doa ku dari dulu sebenarnya sederhana, gak ganti-ganti, cuma 1 baris:
    “SEGALA SEMOGA tetap dalam do’aku (yang baik-baik) untukmu”
    hehe…
    Yang lebih menyedihkan adalah yang dimaksud di artikel ini sudah menyandang H (Haji)

  2. arlin says:

    kalo tamunya sudah dimuliakan tapi ngelunjak gimana? btw anak kost itu bisa disebut tamu ga sih, kalo iya pasti enak yah jadi anak kuliah yang nge-kost :)
    anyway…ga semua pemilik rumah kok ga sekeji itu, kadang ada juga tamu yang semena2 sama tuan rumahnya. lain kali sabar aja kalo bertamu, makanya bertamulah ke rumahku, insya Allah di muliakan ..:P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Genghis Khun

    Paranoid Dalam Mengais Rizqi...


    Nyari Theme BLOG WORDPRESS bagus??

  • Tulisan Terbaru

  • Genghis Khun's Profile
    Genghis Khun's Facebook profile
    Create Your Badge ExitJunction.com  - Make Money From Your Exit Traffic!


  • Masukkan Code ini K1-1E255B-E
    untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
  • CARI DUIT

    Adf.ly
    Buy Text links www.cashnhits.com
    Rumahweb
    Clixsense
    Exitjunction
    BidVertiser

    Earn money from your website/blog. Get paid through PayPal Buy and sell Text Links Blog Terbaik
    Yuk.Ngeblog.web.id

    make money with your web site

    GoBlog Theme Banner 125x125

    Media Penyimpanan Dunia Maya: DropBox
  • Fan Page