" />

Telaah Kritis Atas Air Alkaline (Kangen Water)

air-alkali--air-kangen--kangen-waterKutipan promosi suatu produk:

“Kangen Water yang kaya akan antioksidan bermanfaat untuk menghidrasi kulit Anda untuk mencegah penuaan dini. Ion-ion hidroksil hadir dalam air alkali menetralkan radikal bebas / toksin dalam tubuh kita, sehingga mencegah penyakit dan menyeimbangkan pH tubuh Anda. Ini memasok sejumlah besar oksigen untuk tubuh Anda, sehingga organ-organ dan otot akan berfungsi dengan baik. Anda akan merasa jauh lebih segar dan energik sepanjang waktu, setelah Anda mulai mengkonsumsi Kangen Water.”

Disuatu daerah antara Kediri- Jombang Jawa Timur, Ada pencantuman “alkaline powered” pada label sebuah produk air minum kemasan.

Sayangnya data mengenai air alkaline/ air kangen di Depkes, WHO, CDC maupun Wikipedia sangat minim. Ini tentu saja sangat aneh.
Maka mari kita kumpulkan data-data yang sedang berserakan, baik pro-maupun kontra, untuk diikat menjadi satu di artikel ini :)







Definisi dan Batasan Istilah
Di wikipedia disebut sebagai Ionized Water.
Ionized Water, Air ionizer atau air alkali mengacu pada makna yang sama.
Air Ionisasi terjadi karena proses Electrolysis, yaitu pemisahan molekul air menjadi oxygen (O2) dan gas hydrogen (H2) melalui reaksi listrik. Air ini banyak digunakan dalam industri makanan untuk membersihkan produk makanan.
Kangen® water atau Air Kangen® merupakan merk dagang milik Enagic dari Air ionizer/ air alkali tersebut.
Karena terionisasi maka pasti mengandung Kalsium (Ca), Sodium (Na), Potasium/ kalium (K) dan magnesium (Mg) agar bersifat Basa.

Sedangkan istilah Purified water atau de-ionized water berbeda dengan ionized water.
Purified water adalah air yang disaring dan diproses agar bisa dikonsumsi. contoh purified water adalah air suling. Air ini bebas mineral.

Latar Belakang
Hiromi Shinya (dokter bedah umum kelahiran Jepang, pelopor teknik colonoscopic modern, penulis buku The Miracle of Enzyme: Self Healing Program) mengklaim beberapa manfaat kesehatan dari suplemen enzim dan air alkali. Namun, di Wikipedia dituliskan tambahan sbb:

…beberapa klaim dalam iklan komersial telah dikritik sebagai menipu.

Hiromi Shinya mengklaim bahwa air Kangen® memiliki tingkat kekambuhan kanker 0%, (Shinya, The Enzyme Factor, hal. 7) tanpa data klinis atau pembuktian independen.

Beberapa Literatur seperti “The True Power of Water” (karya Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama, Jepang) mengistilahkan sebagai “Miracle Water” atau “Healing Water” (Air yang membantu penyembuhan).

Pentolan band Aerosmith, Steven Tyler juga memakai produk ini. (Secara saya sangat menyukai karakter vokal orang ini hiks…jadi inget lagu Sweet Emotion)

Rekan sejawat, keluarga dekat dan saya sendiri mulai aktif mengonsumsi Kangen Water minggu-minggu terakhir ini.

Sejujurnya, ada kecurigaan pribadi terhadap produk ini yaitu:
- Alat dan harga air yang mahal; alatnya konon 49 juta. air segalon ‘hanya’ Rp. 75rb.
- Label yang tidak jelas: tidak ada Ijin POM, alamat perusahaan tidak jelas, komposisi tidak jelas.
- Pencantuman kalimat “Hanya Untuk Kalangan Sendiri” makin mencurigakan. Trik seperti ini bisa sebagai modus untuk berkilah/ lepas tangan.

Berikut ini Informasi mengenai Kangen Water dari para Agen kemudian pembahasannya:

Kata Kangen atau pengucapan dalam bahasa Jepang-nya adalah “Khanggeng” yang artinya kembali ke awal (back to origin).

Kangen Water adalah air alkaline dan asam terionisasi melalui proses elektrolisis.
Kangen Water yang kaya akan antioksidan bermanfaat untuk menghidrasi kulit Anda untuk mencegah penuaan dini. Ion-ion hidroksil hadir dalam air alkali menetralkan radikal bebas / toksin dalam tubuh kita, sehingga mencegah penyakit dan menyeimbangkan pH tubuh Anda. Ini memasok sejumlah besar oksigen untuk tubuh Anda, sehingga organ-organ dan otot akan berfungsi dengan baik. Anda akan merasa jauh lebih segar dan energik sepanjang waktu, setelah Anda mulai mengkonsumsi Kangen Water.

Kangen Water sudah digunakan di Jepang sejak 30 Tahun yang lalu dan lebih dari 6500 dokter di Jepang telah memeriksa Kangen Water serta diaplikasikan di rumah sakit di Jepang untuk pasien – pasien yang memiliki penyakit degeneratif dan sebagai Metode Pencegahan untuk penyakit – penyakit orang dewasa (penyakit yang disebabkan gaya hidup).

Pembahasan
Pembahasan di bagi menjadi 3 problem:
1. Kebenaran Klaim
2. Beda Air dari Sumber Langsung dan Kemasan
3. Waspada Air Zamzam Palsu, Air Alkali Palsu dan Air Kangen Palsu

-

PROBLEM 1: KEBENARAN KLAIM
Ionized water menurut Wikipedia:

Tidak ada bukti empiris untuk mendukung klaim yang dibuat oleh produsen air minum terionisasi akan memiliki efek yang nyata pada tubuh, karena Minum air terionisasi tidak akan bisa merubah pH tubuh karena tubuh mempunyai aktifitas keseimbangan asam basa sendiri (homeostasis).

Depkes, WHO, CDC tak satupun menyebutkan adanya air alkali untuk dikonsumsi. Silahkan meluncur ke www.who.int/water_sanitation_health

Beberapa manfaat yang diklaim dari meminum Air Kangen:

1. Menyeimbangkan pH Alami Tubuh. Kangen Water dapat membantu meningkatkan pH alami tubuh menjadi basa/alkaline. Tubuh yang alkaline adalah tubuh yang sehat.

2. Detoksifikasi dan Pembersihan. Ketika tubuh mengalami penumpukan asam/acid, tubuh memerlukan mekanisme detoksifikasi dan pembersihan berkala. Jika tubuh dapat membuang kelebihan acid dan limbah metabolisme secara berkala, maka tidak akan terjadi penumpukan limbah penyebab penyakit. Mengkonsumsi Kangen Water setiap hari dapat membantu membersihkan limbah tubuh dan detoksifikasi secara alami dari dalam tubuh.

Tubuh kita sebetulnya secara alami bersifat alkali, tetapi seiring dengan berkembangnya usia, tubuh mulai bersifat asam (acidic). Seharusnya asam hanya ada di lambung untuk membantu proses pencernaan dan bukan di bagian tubuh yang lain. Sifat asam dalam tubuh menyebabkan banyak penyakit seperti kanker, serangan jantung, ketidakseimbangan hormon, diabetes, kolesterol tinggi, masalah prostat, stroke, kekebalan tubuh menurun dan penuaan dini. Sifat asam ini sama dengan menyimpan “racun” di dalam tubuh dan hanya bisa “dibersihkan” dengan air Alkali.”

Apa benar klaim ini?.

Pembahasan
Dalam tubuh, secara alami/ otomatis ada pengaturan keseimbangan Asam basa yang dinamakan Homeostasis.

pH darah manusia 7,35 s/d 7,45 sejak lahir hingga tua.
pH mulut dan kerongkongan 6.8
pH lambung 1-3.
pH usus halus 8.5
pH usus 5.6 – 6.9

Jadi semua makanan/ minuman, baik asam maupun basa, di dalam mulut akan bercampur dengan asam dalam air liur. Ketika makanan/ minuman tersebut ditelan akan segera menyatu dengan Asam Lambung yang sangat asam.

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan sementara bahwa air alkali akan bermanfaat pada pasien dengan penyakit Mag, Radang Lambung (gastritis) atau tukak lambung (gastric ulcer). Karena seperti halnya obat Antasida, Ranitidin atau Omeprazole, air alkali membantu mengurangi tingkat keasaman lambung yang sangat parah. Asam dinetralisir dengan Basa.

Lalu dengan cara apa tubuh kita menetralisir kelebihan asam?
Dengan cara menghembuskan CO2. Bila tubuh tidak mampu lagi, harus diberikan terapi Natrium Bicarbonat. (bukan dengan minum air alkali)
Untuk mengetahui adanya kelebihan asam/ basa dalam tubuh dapat dilakukan dengan cara pemeriksaan Analisa Gas Darah (AGD)

Jadi bisa disimpulkan; pemberian makanan/minuman basa (alkali) hanya berguna untuk menetralisir kelebihan Asam lambung.

Klaim selanjutnya:

3. Antioksidan: Menetralkan Radikal Bebas. Kangen Water memiliki ORP (Oxidation Potencial Reduction) yang negatif, artinya memiliki kekuatan antioksidan. Jika dikonsumsi harian, extra electron dalam Kangen Water dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Pembahasan
Potensial reduksi oksidasi (ORP) digunakan untuk menguji kualitas air dalam hal potensi desinfeksi, bukan kekuatan antioksidan.
Ini selaras dengan definisi air alkali (di atas) yang menyebutkan: “Air ini banyak digunakan dalam industri makanan untuk membersihkan produk makanan.”

Klaim selanjutnya:

4. Micro Clustering. Study awal tentang air alkali menunjukkan bukti sebuah fenomena baru yang dinamakan “Micro Clustered”, yang mendefinisikan pengecualian pada molekul kecil yang “terstruktur” khusus pada air alkali. Banyak manfaat ditemukan dari hasil penelitian tentang fenomena ini. Fungsi utama Micro Clustered adalah untuk menghidrasi secara lebih baik. Kangen Water memiliki molekul yang kecil dengan ukuran 3-5 molekul. Air biasa memiliki ukuran 16-20 molekul. Dengan Micro Clustered, Kangen Water dapat diserap tubuh lebih optimal dan secara dalam menghidrasi sampai ke sel-sel tubuh.

Pembahasan
Microcluster merupakan suatu bentuk baru silica-koloid yang ditemukan oleh Patrick Flanagan pada tahun 1982 dalam kandungan air glasial yang biasa diminum oleh suku Hunza di Pakistan utara. Penemuan ini lantas dipatenkan dalam produk dengan nama dagang air minum Crystal Energy® dan Flanagan Microclusters® Patrick Flanagan, seorang penemu kelahiran US, tidak berhubungan sama sekali dengan Kangen Water.
Di masa mendatang mungkin akan ada tuntutan hukum terhadap Kangen Water atas penggunaan istilah Microcluster.

Istilah yang tepat untuk “molekul yang kecil dengan ukuran 3-5 molekul” adalah micromolecule.

REVERSE AGING HANDBOOK
SANG WHANG, seorang electrical engineer, scientist and inventor, di bukunya “REVERSE AGING HANDBOOK” menyebutkan:

- Medical science has discovered that as we age, we lose bicarbonate (HCO3-) in our blood, and bicarbonate keeps the blood alkaline. Please refer to Dr. Lynda Frassetto’s graph2 below.

Lynda Frassetto

Lynda Frassetto

Di Grafik terlihat bahwa ketika manusia mencapai usia 45 tahun, kadar HCO3 plasma darah menglami penurunan dari 24 hingga 20 mEq/L.

Bicarbonate ini bersifat basa dan berguna untuk menyeimbangkan keasaman darah agar tetap tercapai pH normal (7,365).

Bila bicarbonat berkurang maka tubuh akan kesulitan untuk menetralisir racun-racun yang mengendap dalam tubuh yang asam. (hal 5-6)

Pertanyaan sederhana kita; berapakah kadar HCO3 normal?
Apakah data penurunan tersebut memerlukan tindakan pencegahan?
Ternyata TIDAK.
Kadar Normal bicarbonat (arteri) antara 22 – 26 mEq/L !
Artinya sampai usia 80 tahun kadar bicarbonat masih dalam batas Normal, dan Insya Allah pH tetap Normal. Tidak perlu asupan apapun.

Ini mirip dengan kondisi tekanan darah yang cenderung naik sesuai bertambahnya usia.
Pada masa anak-anak, tekanan darah sekitar 80/50 mmHg.
Saat Dewasa bisa mencapai 130/80 lantas apakah memerlukan terapi obat antihipertensi? TIDAK bila masih dalam batas normal.

===

Halaman berikutnya berusaha mengarahkan bahwa tubuh memerlukan asupan bicarbonat. Mohon berhati-hati dalam membacanya, harap membandingkan dengan sumber dari Wikipedia atau informasi kredibel misalnya dari CDC dll.

Menjelang akhir pembahasan, artikel tersebut memang menjual produk bicarbonat dalam bentuk air dan Tablet.

Sebenarnya adanya beberapa keanehan di artikel tersebut yaitu:
1. Tidak menyebutkan nilai normal bicarbonat plasma. Ini bisa dipahami karena kita tahu bahwa walaupun terjadi penurunan bicarbonat tetapi ternyata masih dalam batas normal sepanjang usia hidup (80-100 tahun).
2. Tidak menyebutkan dosis asupan bicarbonat yang dianjurkan, Kontra Indikasi, efek samping dan bila terjadi keracunan/ kelebihan dosis.

Silahkan dipelajari mengenai:
Gastric_acid
Bicarbonate
Standard_bicarbonate_concentration#Diagnostics
Blood_value

Di Rumah Sakit, ketika kondisi tubuh mengalami asidosis, pemberian tablet BicNat (Natrium Bicarbonat) dilakukan dengan ketat disertai pengecekan bicarbonat plasma secara rutin hingga mencapai kadar normal.

Mengacu pada artikel seharusnya disebutkan bahwa;
“di bawah usia 45 tahun dilarang mengonsumsi bicarbonat karena homeostasisnya masih terjaga.”
Menarik pula untuk dilakukan penelitian pada anak-anak yang telah rutin mengonsumsi produk ini; Apakah pH plasmanya lebih tinggi dan mengalami alkalosis?

Kondisi alkalosis maupun asidosis sama-sama memerlukan penanganan serius.

EFEK SAMPING MINUM AIR ALKALI ATAU MAKANAN BASA
Apa efek samping yang bisa terjadi bila minum air alkali berlebihan?
Apa yang akan terjadi pada lambung normal diberi paparan basa terus menerus??

Jawab:
Bayangkan lambung normal bila diberikan obat mag terus menerus; Antasida, Ranitidin, Omeprazole dll
Tentu saja efek samping yang akan bekerja, beberapa mineral dalam air alkali bisa mulai menumpuk di dalam tubuh dan malah membahayakan kesehatan.

Air Alkali mengandung Calsium (Ca), Sodium (Na), Potasium/ kalium (K) dan magnesium (Mg).
Penyakit yang akan terjadi bila terjadi penumpukan bahan-bahan ini:

- Kelebihan Kalsium: Batu ginjal, Gangguan psikis
- kelebihan Sodium : lesu, lemah, mudah tersinggung, rangsangan neuromuskular, dan edema. Bila parah bisa terjadi kejang dan koma.
- Kelebihan Potasium/ kalium: malaise, jantung berdebar dan kelemahan otot
- Kelebihan Magnesium: lemah, mual dan muntah, Gangguan napas/ depresi napas, Hipotensi, Hipokalsemia, Aritmia dan Asistol.

Perhatikan data ini:

Acid HOCl (selalu hadir bahkan dalam larutan alkali hypochorite) sekarang dikenal untuk memicu sejumlah proses seluler yang terhubung dengan kanker, baik melalui induksi mutasi pada urutan DNA, atau dengan membuat perubahan epigenetik untuk basa DNA tertentu.
Hal ini diketahui, misalnya bahwa HOCl mengarah pada pembentukan 5-chlorocytosine, yang diyakini untuk menekan beberapa gen yang biasanya bertindak untuk menghambat proliferasi sel dan pertumbuhan tumor. (C & EN, 2011/03/14, hal 40)

Hal ini tentunya bukan untuk mengatakan bahwa “air terionisasi menyebabkan kanker”, tapi merupakan bukti yang berbeda dengan klaim, bahwa produk ini “mencegah kanker.”

Juga data ini:

“Empat studi di Jepang menunjukkan bahwa air alkali menyebabkan perubahan patologis pada otot sel jantung dan meningkatkan risiko serangan jantung pada hewan laboratorium.

Sel-sel normal mati dalam kondisi yang sangat basa. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Biological Chemistry menemukan bahwa alkalosis (peningkatan pH seluler) menyebabkan kematian sel sebagai hasil dari mengubah fungsi mitokondria. Hasil ini menimbulkan keraguan serius tentang keamanan air alkali.

Informasi ini tentu masih membutuhkan penyelidikan lebih lanjut.

Btw, sering dikatakan bahwa ketika pertama kali minum air alkali, akan muncul gejala-gejala yang diistilahkan sebagai “detoksifikasi“. Apa benar?
Saya malah khawatir tubuh sedang terjangkiti penyakit yang belum terdeteksi :(

PROBLEM 2: BEDA AIR DARI SUMBER LANGSUNG DAN KEMASAN
Air Zamzam dalam Kemasan
Air zamzam adalah air alkali yang memiliki pH 7.9–8.0
Tinggi kalsium, magnesium, natrium, kalium dan fluorida selain mineral lainnya dan garam sebagai berikut:

Pada bulan Mei 2011, BBC London menyebutkan adanya air zamzam kemasan di pasaran mengandung nitrat tinggi, bakteri berbahaya, dan arsen tiga kali melebihi batas legal di Inggris.

Perlu diketahui, zat Arsenik adalah karsinogen, artinya bila teratur minum air zamzam kemasan dalam jumlah besar dapat berisiko terkena kanker.

Walaupun informasi ini disangkal namun permintaan air zamzam untuk komersial akhirnya dilarang oleh pemerintah Saudi.

Sedangkan pengujian air zamzam secara langsung dari sumur, kadar arsenik masih lebih rendah daripada jumlah maksimum yang diizinkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

=

Air zamzam berada di Mekkah, sedangkan Nabi Muhammad SAW bermukim di Madinah
Dalam Sirah Nabawiyah (Sejarah Nabi Muhammad SAW), tidak pernah ada cerita mengenai rombongan Nabi, Anshar atau Muhajirin yang rutin mengambil air zamzam untuk dibawa ke Madinah.

Nabi pun memutuskan tetap bermukim di Madinah setelah penaklukan kota Mekkah.

Air Alkali dalam Kemasan
Website Enagic, sebagai merk dagang untuk MESIN yang memproduksi Air kangen menekankan bahwa;
- Air keran makin banyak polutan, sehingga makin kurang layak dipakai.
- Air kemasan, belum tentu lebih sehat daripada air keran dan mengeluarkan biaya lebih banyak lagi!

Sebuah studi selama empat tahun oleh Natural Resources Defense Council menunjukkan bahwa 1/3 dari botol air yang diuji ternyata mengandung kadar kontaminan melebihi batas yang diijinkan.
Botol air juga dapat menjadi sedikit asam, yang dapat mempengaruhi keseimbangan pH tubuh Anda. Akhirnya, dampak lingkungan yang disebabkan oleh produksi dan pembuangan botol plastik berbahaya bagi ekosistem kita.

(http://www.enagic.com/watertheory.php)

Dua jenis air Kangen yang diminum harus dalam kondisi segar, atau tidak lebih dari 4-5 hari bila disimpan di kulkas.
Untuk air Kangen lain, Air asam, Air Asam Kuat dll, direkomendasikan dipakai kurang dari dua minggu.

(http://www.enagic.com/faq.php)

Akan timbul pertanyaan, Bagaimana dengan kadar arsenik air zamzam yang lolos dan dijual bebas di Indonesia?
Bagaimana pula dengan kadar arsenik Kangen water yang dijual bebas dalam galon dengan label “Untuk kalangan Sendiri” tanpa label kadaluarsa?

PROBLEM 3: WASPADA AIR ZAMZAM PALSU, AIR ALKALI PALSU dan AIR KANGEN PALSU
Di halaman pembuka website Enagic menginformasikan adanya kasus pemalsuan MESIN Enagic produksi Korea and Taiwan.
MESIN Enagic asli di produksi di Jepang.

Adanya pemalsuan MESIN, tak menutup kemungkinan pemalsuan Air Zamzam (sudah ada), air Kangen atau air alkali lainnya.

Anda tidak percaya bahwa air zamzam dipalsu? silahkan lihat di sini

KESIMPULAN
1. Hati-hati dengan informasi menyesatkan bahwa “Tubuh kita sebetulnya secara alami bersifat alkali, tetapi seiring dengan berkembangnya usia, tubuh mulai bersifat asam”.

Informasi yang benar sbb:
“Kemampuan homeostasis bisa berkurang sesuai makin menurunnya usia tetapi masih dalam batas Normal”

Sejak lahir tubuh mempunyai aktifitas keseimbangan asam basa sendiri (homeostasis) dan pH tubuh tidak bisa diubah-ubah hanya dengan minum air terionisasi.

3. Bila suatu saat tubuh jatuh ke dalam kondisi asidosis, tubuh akan melakukan kompensasi dengan cara menghembuskan CO2. Bila gagal harus diberi tambahan terapi Natrium Bicarbonat (BicNat). Bukan dengan cara pemberian makanan dan minuman alkali.

4. Konsumsi Air alkali tidak mempengaruhi homeostasis.

5. Microcluster merupakan merk dagang milik Patrick Flanagan sejak tahun 1982 dan tidak berhubungan sama sekali dengan Kangen Water.

SARAN BAGI PELAKU USAHA AIR KANGEN dan KONSUMEN
1. Berikan Informasi yang benar kepada konsumen
2. Gunakan MESIN Asli dan siap mengucur di tempat penjualan.
3. Galon/ wadah Air Kangen yang akan diminum harus diberikan label;
“Minum hari itu atau 4-5 hari bila disimpan di Kulkas.”

Update Agustus 2015
TESTIMONI dan INFORMASI TAMBAHAN
Testimoni tidak bisa kita jadikan rujukan. Hanya untuk memperkaya wawasan.
Dirangkum dari komentator blog ini, blog WordPress dan sumber lain:

“(Minum Kangen Water) kolesterol saya turun, tetangga saya diabetnya yang menahun sembuh, migren istri saya hilang entah ke mana, istri tetangga yang kalau haid sakit ga kepalang jadi normal2 saja… bahkan sakit ginjal teman saya sembuh…”

“Mesin air alkali terkenal yang mendapat sertifikasi dunia ( tanpa metode MLM) harganya berkisar 10 – 25 juta.
Sedangkan mesin kangen water konon harganya 50 jutaan, harga mesin sebenarnya adalah dalam kisaran tersebut (10-25 juta) namun karena MLM maka harga mesin membengkak menjadi 50 jutaan.
Saya pernah diterangkan oleh agen kangen water bahwa setiap orang yang membeli mesin dari kita mendapat sekian persen dari harga mesin dan atasan level kita juga mendapat sekian persennya, ..”

“Air KanGen itu air “Alkalized ” dan bukan ” Alkaline “.
Alkaline brti pasti menggunakan bahan kimia didalamnya.
Alkalized itu menggunakan proses elektrolisis. Dimana air disetrum dengan listrik dan tanpa kimia sama sekali.
Filter mesin pun termasuk High Grade dimana berukuran 0,3 mikron dmana bakteri tdk bsa masuk.
Selain itu juga sudah ada anti bakteri didalamnya. Sehingga aman di konsumsi.

Sejak ada kantor resmi di indonesia tahun lalu di The Plaza, Plaza Indonesia. Mesin bsa dibeli dengan harga yg lebih murah…

..(ada) mesin2 tiruan nya. Dmana plat Nya bukan titanium tetapi platinum
…Enagic tidak pernah menjual air. Makanya .. tidak boleh menjual air sembarangan apalagi sampai di stok.
.harus dihabiskan jangan lebih dei 3 hari krna itu tidak akan maksimal”

“Pendistribusian (air galon) itu selalu terkena sinar matahari langsung. Sudah dipastikan racun BPA galon akan keluar. Dan akan menkontaminasi air yg ada.
…proses pembersihan galon menggunakan sner berputar.
..bergesekan antar sner dengan permukaan galon dapat mengakibatkan lapisan terkelupas dsn tercampur dengan air.
Galon tidak mungkin disterilkan. Krna kalo terkena panas yah tacun BPA nya keluar.

- “Kangen water berasa pahit itu berasal drt bahan baku air pentagonal atw air RO, ada yg mencret2 itu krn bahan baku air PAM bukan salah mesin kangen waternya tp yg salah produsennya yg tllu komersil melakukan penjualan yg mahal tp mlh merugikan konsumen.”

“bnyk jg produsen tertentu yg ngawur dg menggunakan bahan baku”

- “antioksidan dalam zam-zam akan sedikit sekali tersisa, setelah kurang lebih 3 minggu diambil dari sumbernya. Jadi sangat disarankan, kalau minum zam-zam, di negara asalnya.
Kalau kangen water, direkomendasikan maksimal 2 minggu setelah keluar dr alatnya, jangan dikonsumsi lagi.”

“Kemasan air ini tdk tercantum kandungannya dan izin BPOM”

“Minuman alkali makin lama terbuka akan makin asam. baru di buka saja pH nya sudah tidak basa. (silahkan cek sendiri dengan kertas lakmus)”

” PH nya kangenwater akan menjadi normal (7) dalam 1-2 minggu, anti oxidant akan berkurang drastis dalam 18-24 jam, micromolecule akan kembali normal dalam 1-3 bulan.
jarak waktu antara makan dan minum kangenwater 1 jam sebelum atau sesudah.
Bagi pemula disarankan meminum kangenwater secara bertahap, mulai pH 8,5 selama seminggu, kemudian naikkan ke pH9 dst”

“Komentator dari Klaten;:
untuk membuat air ber-PH tinggi tidak berlu beli mesin seharga berpuluhan juta, budget yang diperlukan hanya sekitar 300 ribu rupiah, alat terdiri dari dua box bejana berhubungan, charger laptop yg sudah dimodifikasi, stainless. Singkatnya airnya dialiri listrik, sehingga nanti ph nya naik.”

.. akan diajari bagaimana caranya membuat alat tersebut, gratis!
Mau minta air ber ph tinggi beberapa galon juga boleh, gratis! No offense yah bagi para penjual produk air ber ph tinggi merk tertentu.

“jika air tersebut (zam zam) mempunyai kehebatan yang seperti Kan Gen water zaman sekarang, tentunya RAsulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam akan memerintahkan umatnya untuk meminum air tersebut setiap saat tapi nyatanya RAsulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam meminum air di negerinya sendiri (Madinah)”

“Saran link untuk mengecek penelitian2 di http://scholar.google.co.id/scholar?start=0&q=hiromi+shinya&hl=en&as_sdt=0,5

http://scholar.google.co.id/scholar?

Dr. Andrew Weil (penulis dan ahli gizi):

“klaim kesehatan untuk air terionisasi dan air alkali adalah palsu. Simpan uang Anda. Anda harus mempertimbangkan fakta bahwa air alkali adalah umum di seluruh negara-negara barat, tapi sejauh pengetahuan saya, itu tidak melindungi orang dari penyakit dan gangguan yang terjadi dimanapun di AS “

Dr David Brownstein (penulis, dosen internasional dan praktisi terkemuka pengobatan holistik):

“Saya tidak setuju dengan klaim yang dibuat tentang air alkali. Klaim tentang manfaat minum alkali dibuat dengan tidak ada bukti yang mendukung. Cara terbaik untuk mengoptimalkan pH adalah untuk makan makanan yang sehat penuh dengan mineral dan vitamin. Mengonsumsi makanan olahan seperti tepung putih, gula, dan garam untuk memperbaiki keasaman.“

Dr Bob Arnot MD (penulis terkenal dan ahli gizi), dalam artikel di “Men’s Health Journal”:

“Katakan tidak untuk air alkali, itu adalah penipuan. Tubuh Anda dirancang untuk menyesuaikan dirinya dengan keseimbangan pH yang optimal; tidak peduli apa yang Anda makan. Misalnya, setelah air alkali tersebut masuk dalam perut Anda, tubuh Anda akan menghasilkan asam dalam jumlah besar untuk menetralisir itu.“

PENUTUP
Bagaimana dengan saya sendiri?
Saat ini saya percaya bahwa Air Alkali hanya untuk mengobati Asam Lambung.
Tetapi kalau disuruh memilih menggunakan tablet Mg(OH)2 (magnesium Hidroksida) atau air alkali, tentu saya pilih tablet yang harganya jauh lebih murah :)

Saran terbaik untuk menjaga kesehatan adalah perbaikan gaya hidup:

- Perbanyak makan buah dan sayuran,
- Minum air putih,
- olahraga,
- Hindari stres
- Hindari kopi, alkohol dan merokok,

Bila ada yang salah mohon dikoreksi.

Genghis Khun

Rujukan
Istilah Istilah
en.wikipedia.org/wiki/Water_ionizer
en.wikipedia.org/wiki/Acid-base_homeostasis
en.wikipedia.org/wiki/Digestion#Significance_of_pH_in_digestion
http://en.wikipedia.org/wiki/Hiromi_Shinya
www.who.int/water_sanitation_health
www.acid-base.com/index.php&usg=ALkJrhhFUyUHvKcz8j1hXCS_-Rf_gukZeQ
en.wikipedia.org/wiki/Patrick_Flanagan
http://en.wikipedia.org/wiki/Zamzam_Well
http://en.wikipedia.org/wiki/Reduction_potential

Kontra Kangen Water
kesehatan.kompasiana.com/medis/2013/07/29/hentikan-perdebatan-tentang-ph-air-580778.html
www.sciencebasedmedicine.org/asea-another-expensive-way-to-buy-water/&usg=ALkJrhik_tataUaGQ0nJ3W0GySnE9V_O2A
www.apswater.com/article.asp?id=198&title=Alkaline+Water+Hoax+It+is+Simple+Science
www.watertechonline.com/articles/ph-paranoia-understanding-alkaline-water-claims
www.chem1.com/CQ/ionbunk.html atau di Terjemahan
www.precisionnutrition.com/alkaline-water-legit-or-hoax
philrich.hubpages.com/hub/Kangen-Water-Myth-Scam
online.wsj.com/news/articles/SB100

Pro Kangen Water
www.google.com/#q=Air+Kangen
https://www.dropbox.com/s/b81x5jwzqmxjmtn/Reverse-Aging-Handbook.pdf?dl=0
http://www.enagic.com







You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
7 Responses
  1. surfa says:

    Air zam-zam, the best water in the world,, mempunyai karakteristik yg sama dg kangen water. Mesin kangen water diciptakan setelah meneliti Miracle Water di dunia, seperti zam2 di Mekkah, Lourdes di France, Tlacote di Mexico,, dll. Ditemukan kesamaan dr miracle water tsb, yaitu ph basa, alkaline, dan tinggi antioksidan

    Genghis Khun:
    Bila diberi pilihan antara air Kangen atau Air Zamzam. Sebaiknya menjadi distributor air zamzam saja, agar keberadaannya tidak tergerus oleh air dari mesin :)

    • surfa says:

      Silahkan saja, itu hak masing-masing orang utk bekerja sebagai apa saja. Perlu diketahui juga, kangen water, air zam-zam, dan air kemasan lain,, sangat dipengaruhi oleh kemasan (jenis plastik, bakteri, lama penyimpanan, oksidasi, dll). Jadi kalo mau yang sehat, minum air zam-zam langsung dr Mekkah atau kangen water langsung dr mesin,, bebas sampah plastik, lebih menyehatkan dan go green pastinya :)

      Genghis Khun:
      Sepakat dengan minum langsung dari sumbernya, dan jangan dilupakan juga utk memberikan informasi dan edukasi yg benar bagi konsumen :)

  2. ai says:

    ada dokter tuh yg udh foto ‘cuman’ 30rb usus pasiennya sebelum dan setelah ‘mengubah pola makan dan minum air alkali’

    dibandingkan ama dokter yg ‘cuman’ neliti dan membuat kesimpulan.

    kalo orang kaskus bilang sih no pic = hoax.
    :)

    ya kalo saya sih Insya Allah madep manteb melok hiromi shinya mawon wes

    Genghis Khun:
    Salam kenal…yg penting jangan dilupakan utk memberikan informasi dan edukasi yg benar bagi keluarga/ konsumen :)

    • ai says:

      sy sendiri sebagai pengguna dan penjual baik mesin maupun airnya, Insya Allah tujuan-nya bantu orang lain supaya sehat ;)

      Genghis Khun:
      Saya sendiri kadang jg konsumsi ketika mag kambuh. Asam lmbung dilawan basa.
      Kita semua pasti berniat membantu, yg penting berikan informasi dan edukasi yg benar bagi keluarga/ konsumen :)
      Point2 yg saya permasalahkan di atas kalau ada yg tidak benar mohon langsung dikoreksi. trims

  3. ai says:

    Penjelasan lengkap #AirKangen by @erikarlebang
    http://chirpstory.com/li/167962

    Genghis Khun:
    Link di atas tidak mencantumkan sumber2 rujukan? mari kita sharing sumber-sumber di sini..

  4. dani iswara says:

    kayaknya dulu ada banyak banget komennya, bro? konten di atas ada pembaruan ngga ya?

    Genghis Khun:
    Yang banyak komennya ada di blog WP:
    https://nafanakhun.wordpress.com/2014/06/01/telaah-kritis-atas-air-alkaline-kangen-water

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Genghis Khun

    Paranoid Dalam Mengais Rizqi...


    Nyari Theme BLOG WORDPRESS bagus??

  • Tulisan Terbaru

  • Genghis Khun's Profile
    Genghis Khun's Facebook profile
    Create Your Badge ExitJunction.com  - Make Money From Your Exit Traffic!


  • Masukkan Code ini K1-1E255B-E
    untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
  • CARI DUIT

    Adf.ly
    Buy Text links www.cashnhits.com
    Rumahweb
    Clixsense
    Exitjunction
    BidVertiser

    Earn money from your website/blog. Get paid through PayPal Buy and sell Text Links Blog Terbaik
    Yuk.Ngeblog.web.id

    make money with your web site

    GoBlog Theme Banner 125x125

    Media Penyimpanan Dunia Maya: DropBox
  • Fan Page